Hari Terakhir PLS, Siswa di Cilegon Sungkem dan Cuci Kaki Orangtua

Date:

Cilegon – Suasana haru terjadi saat ratusan siswa peserta didik baru di SMPN 1 Kota Cilegon, Kecamatan Jombang, melakukan prosesi sungkem dan mencuci kaki orangtua pada hari terakhir pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), Rabu (19/7/2017).

Dewan guru ikut larut dalam suasana haru saat melihat orangtua siswa membasuhkan air bekas mencuci kaki ke wajah putra-putrinya. Sungkem dan mencuci kaki dilakukan ratusan siswa sebagai wujud pengabdian seorang anak.

“Kepada bapak dan ibu guru, saya menitipkan anak saya di sekolah ini agar mendapatkan pendidikan yang sebaik-baiknya. Kalau memang anak saya salah atau nakal silahkan ditegur demi kebaikan,” kata Rita Andrian salah satu orangtua.

Dengan sungkem dan cuci kaki orangtua, Rita berharap anaknya menjadi anak yang berbakti kepada orangtua, agama dan bangsa serta meraih cita-cita yang diinginkan.

“Semoga membanggakan orangtua,” harapnya.

Kepala SMPN 1 Cilegon, Rulyanto menjelaskan, kegiatan tersebut untuk selalu mengingatkan kepada siswa bahwa orangtua membesarkan dan mendidik dengan sebaik-baiknya.

“Agar para siswa mengabdi dan mematuhi orangtua yang telah membesarkan mereka,” pesan Rulyanto.

Selain sungkem dan cuci kaki orangtua, di dalam pelaksanaan PLS juga digelar pentas seni dan lain sebagainya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related