Tahun Ini Pencari Kerja asal Lebak Menurun

Date:

Banten Hits – Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kabupaten Lebak, memperkirakan, jumlah pencari kerja (pencaker) yang berasal dari Kabupaten Lebak di tahun 2015 menurun jika dibandingkan pada tahun sebelumnya.

“Pada bulan Agustus 2014 setelah Lebaran itu mencapai 2.490 Kartu Kuning yang kita keluarkan, tapi untuk bulan Juli sekarang saja belum mencapai 1.000,” kata Kasi Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Lebak, Sudiyono, kepada Banten Hits belum lama ini.

Kata dia, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya pasca hari raya Lebaran, tahun ini pencaker yang datang ke Disnaker untuk membuat Kartu Kuning baik yang membuat baru maupun yang melakukan proses registrasi ulang tidak seramai tahun sebelumnya.

“Kalau tahun lalu anda bisa liat dalam sehari nya saja antrean itu bisa ramai bisa mencapai 200-250 orang per hari, tapi untuk bulan ini kadang tidak lebih dari 100 orang per hari, ditambah memang karena hari Lebarang yang jatuh di minggu-minggu terakhir tidak seperti tahun lalu, Lebaran itu jatuh pada awal-awal bulan,” jelasnya.

Menurutnya, menurunnya para pencari kerja asal Kabupaten Lebak tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya tidak sedikit yang memang melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya dan ijazah dari sekolah asal yang belum dikeluarkan.

“Banyak yang melanjutkan sekolah, dan sepertinya tanggung untuk melamar kerja dikarenakan ijazah nya memang belum keluar,” jelasnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related