Wali Murid di SDN Rangkabitung Barat I Harus Rogoh Kocek Ratusan Ribu Rupiah untuk Buku Paket

Date:

Banten Hits – Orang tua siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Rangkasbitung Barat I atau yang lebih dikenal dengan SDN Komplek Kejaksaan, mengeluhkan, harga buku paket dan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dijual oleh pihak sekolah.

Untuk bisa mendapatkan satu item buku paket atau per mata pelajaran, pihak sekolah mematok harga kepada orang tua murid sebesar Rp40.000 hingga Rp47.000. Sedangkan, untuk satu item LKS, orang tua siswa harus mengeluarkan uang Rp.10.000.

“Jumlah buku paketnya 8 dan LKS 8 . Satu buku mata pelajaran itu harganya RP40.000 an, relatif sih ada yang nyampe Rp47.000 juga. Kalau LKS itu harganya Rp10.000 per LKS nya. Jadi kalau masing-masing buku harganya Rp.40.000 plus LKS, uang yang harus dikeluarin enggak kurang dari Rp400.000,” tutur salah seorang orang tua siswa yang namanya minta tidak disebutkan, kepada Banten Hits, Selasa (11/8/2015).

Buku-buku paket dan LKS tersebut kata dia, adalah buku paket yang digunakan bagi para siswa kelas 2 dalam satu tahun Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah yang berada di Jalan HM Iko DJatmiko tersebut No 4, Rangkasbitung tersebut.

“Iya itu untuk kelas 2. Tapi saya tadi ngobrol sama orang tua siswa kelas 1 dan dia bilang ada juga buku paket yang dijual pihak sekolah untuk digunakan siswa kelas 1. Padahal, setau saya pas anak saya masih di kelas 1, belum ada nih jual-jual buku ke siswa kayak gini,” ungkapnya sambil menunjukan bukti pembayaran sejumlah buku paket.

Kata dia, sangat disayangkan Lebak yang mempunyai program Lebak Cerdas ditambah lagi dengan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) namun masih ada praktek penjualan buku yang justru akan memberatkan orang tua siswa, terutama siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu.

“Saya aja masih kurang belum bayar semuanya, coba anda bayangin gimana orang tua siswa yang enggak mampu. Padahal, di Lebak kan udah ada program Lebak Cerdas yang salah satu tujuannya ngeringanin biaya sekolah tapi tidak nurunin kualitas pendidikan, belum lagi dana BOS, tapi masih aja ada praktek kaya gini. Program Bupatinya bagus tapi sayang belum bisa dijalanin sama yang di bawah,” paparnya.

Untuk buku paket Matematika dihargai Rp47.000, Bahasa Indonesia Rp44.000, IPA Rp43.000 dan IPA 42.000. Belum lagi, ada emapt buku paket lainnya yakni Agama, PKn, Bahasa Inggris dan Bahasa Sunda yang rata-rata dijual Rp40.000 an.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related