Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Date:

Presiden Joko Widodo saat membuka Rakernas Kesehatan Nasional di ICE BSD, Kabupaten Tangerang. (FOTO: Dokumentasi oleh Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Pemprov Banten)

Berita Banten – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus membuka Rapat Kerja (Raker) Kesehatan Nasional 2024 yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan RI di Kabupaten Tangerang, persisnya ICE BSD Convention Center, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu, 24 April 2024.

Acara tersebut dihadiri perwakilan dari 38 provinsi, 513 kabupaten dan kota, serta seluruh direktur rumah sakit daerah se-Indonesia.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar mengungkapkan, banyak hal yang diarahkan oleh Presiden Jokowi dalam sambutannya terkait dengan penguatan sistem kesehatan dalam rangka menuju Indonesia Emas 2045.

“Dari mulai kelengkapan fasilitas pelayanan kesehatan di RS milik Pemda, sampai penguatan sistem kesehatan yang terintegrasi antara Pemda dengan nasional. Karena Indonesia emas itu akan terwujud manakala generasi mudanya sehat dan cerdas,” kata Al Muktabar melalui laman resmi Pemprov Banten.

Dalam Rakernas ini, lanjutnya, dirumuskan agenda-agenda kebijakan yang terstruktur mulai dari pusat sampai daerah, pentahelix, serta swasta. Penguatan kesehatan itu menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya pemerintah semata.

“Masyarakat juga harus terus melakukan preventif untuk mewujudkan tingkat kesehatan individu dan keluarga yang kuat. Sebagaimana yang diarahkan oleh Bapak Menkes Budi G Sadikin dalam sambutannya tadi yang diantaranya adalah penguatan preventif itu penting sekali untuk dirumuskan dalam Rakernas ini,” jelasnya.

Rakernas dihadiri oleh para Kepala Dinas Kesehatan dan Bappeda serta para Direktur Rumah Sakit. Pasalnya, dalam melakukan formulasi perencanaan baik jangka panjang, menengah maupun pendek, dibutuhkan kolaborasi seluruh stakeholder.

“Ini momen yang sangat strategis, karena akan menentukan roadmap masing-masing daerah untuk menentukan kebijakannya,” katanya.

Al Muktabar menambahkan, saat ini Provinsi Banten sedang fokus pada memperkuat tenaga kesehatan, sedangkan untuk infrastruktur RS dan Puskesmas sudah semakin kita dekatkan kepada masyarakat.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ingin Bangun Kota Tangerang lewat Kebersamaan, Sachrudin Terus Gerilya ke Parpol-parpol

Berita Tangerang - Calon Wali Kota Tangerang 2024-2029, Sachrudin...

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...