Connect with us

Advertorial

Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten Pandeglang Semakin Membaik

Published

on

Kepala Ombusdman Banten Bambang Poerwanto Sumo bersama Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban

Kepala Ombusdman Banten Bambang Poerwanto Sumo (kiri) bersama Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban (kanan). Bambang melakukan kunjungan ke Kabupaten Pandeglang, Rabu, 30 Januari 2019. Menurut Bambang, pelayanan publik di Pandeglang semakin membaik. (ISTIMEWA)

Pandeglang – Pelayanan Maksimal yang diberikan Pemerintah Kabupaten Pandeglang dinilai sudah mulai membaik. Hal itu diungkapkan oleh, Kepala Ombusdman Banten Bambang Poerwanto Sumo saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Pandeglang, Rabu, 30 Januari 2019.

Kunjungan Ombudsman ke Pandeglang itu, untuk melakukan pengecekan pelayanan publik dan penyelesaian pasca terjadinya tsunami Selat Sunda di Pandeglang.

“Saya kira pelayan publik di Pandeglang sudah semakin membaik, awalnya merah saat ini masuk kuning, saya harap satu tahun kedepan bisa beranjak menjadi hijau,” kata Bambang, saat bertemu dengan Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban.

Ia mengaku, kedatangannya ke Pandeglang bukan hanya saat ini, namun sudah beberapa kali sebelum Bupati Pandeglang dan Wakil Bupati Pandeglang dijabat, Irna Narulita dan Tanto Warsono Arban.

“Kami turun langsung melakukan investigasi, Insya Allah Pandeglang bisa jadi zona hijau, asalkan bisa sesuai setandar yang dutetapkan undang – undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik,” jelasnya.

Kendati demikian, Bambang menilai ada hal yang perlu ditingkatkan oleh Pemkab Pandeglang, salah satunya infrastruktur diwilayah selatan, dan segera melengkapi beberapa kekurangan dokter yang ada di tiap puskesmas.

“Sudah mulai baik, kekurangan yang harus dibenahi misalnya puskesmas yang tidak ada dokter gigi, dan peningkatan jalan di Patia dan Sukaresmi, karena ini akan mengurangi penilaian,” tandasnya. 

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban mengatakan, agar ada fungsi kontroling, dalam setiap pelayanan publik, Pemkab Pandeglang menggandeng Tim Pengawal dan Pengamanan, Pembangunan dan Pemerintahan Daerah (TP4D), dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk pencegahan tindak pidana korupsi.

“Dengan adanya Ombusdman tentu ini akan membantu kami juga untuk memberikan masukan nya seperti apa yang harus dilakukan dalam pelayanan publik,  ini dapat kita lakukan untuk dua tahun ke depan,” kata Tanto. 

Kepala Ombusdman Banten Bambang Poerwanto Sumo bersama Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban

Kepala Ombusdman Banten Bambang Poerwanto Sumo (kiri) saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Pandeglang diterima Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban (kanan), Rabu, 30 Januari 2019.(Istimewa)

Tanto mengklaim, saat ini dirinya dan Bupati Pandeglang Irna Narulita terus melakukan arahan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar setiap program pelayanan publik yang dilaksanakan berjalan cepat.

“Bupati kami ingin lari kencang, Alhamdulillah kerja cepat Ibu Bupati diikuti oleh OPD, karena saya tidak mungkin dapat bekerja sendiri dengan Bupati harus masif dari seluruh OPD,” tutupnya. 

Sementara Inspektur Inspektorat, Iskandar meminta setiap investigasi yang dilaksanakan oleh pihak Ombusdman dapat memberikan tembusan kepada Inspektorat. Hal ini, agar ada dokumen pendukung dalam rangka melakukan perbaikan pelayanan publik.

“Jadi kami bisa introspeksi,  serta dapat melihat kekurangan kami untuk diperbaiki. Bahkan ada OPD kami juga yang diundang sehingga menjadi bahan evaluasi,” ujarnya. 

Hadir dalam acara ini Assisten Administrasi Umum Undang Suhendar, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tubagus Saprudin, Kabag Humas Basyar, Kabag Pemerintahan Agus Riyanto, dan Kabag Umum Puji Widodo. (ADVERTORIAL)

Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Trending