127 Desa di Kabupaten Pandeglang Statusnya Masih Tertinggal, Ini Sebabnya

Date:

Ilustrasi Desa Tertinggal di Kabupaten Pandeglang (Engkos Kosasih/Banten Hits)

Pandeglang – Ratusan desa di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang, Banten masuk dalam kategori desa tertinggal.

Data dari Indeks Desa Membangun (IDM) 2020 Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDT) terdapat 127 Desa masih tertinggal.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Pandeglang Doni Hermawan tak menampik terkait data tersebut. Bahkan dari ratusan desa itu, ada 4 desa yang masuk kategori desa sangat tertinggal.

“Iya, ada beberapa desa (dengan status tertinggal) itu masih dalam penanganan OPD. Kita juga masih terus membina,” katanya, Selasa 9 Maret 2021.

Meskipun demikian, Doni mengklaim status desa tertinggal di wilayahnya sudah mengalami penurunan. Bahkan, Kabupaten Pandeglang sejak 2019 sudah bebas dari status desa tertinggal dari 8 kabupaten/kota di Banten.

“SK Kemendes, Pandeglang di tahun 2020 itu sudah terentaskan, sudah dinyatakan bebas dari desa tertinggal. Tapi memang, kita terus membina desa-desa yang masih harus ditingkatkan ini statusnya melalui bantuan dana desa sebesar Rp 270 miliar lebih,” ucap Doni.

Doni menyebut, ada beberapa faktor yang mengakibatkan ratusan desa itu masih masuk kategori tertinggal. Diantaranya infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.

“Kondisi ini memang menjadi perhatian kita di Pandeglang. Pembinaan ke desa itu juga sudah kita arahkan supaya fokus ke bidang itu,” pungkasnya.

Editor : Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...