Kali Item, Kali Krukut, hingga Kali Ciliwung Meluap; 21 RT di Jakarta Terendam Banjir Senin Pagi Ini

Date:

Kali Item, Kali Krukut, hingga Kali Ciliwung meluap akibat curah hujang yang tinggi sejak Minggu, 26 Februari 2023 hingga Senin, 27 Februari 2023. Akibatnya 21 RT di Jakarta terendam banjir hingga Senin pagi ini. FOTO ILUSTRASI: banjir yang merendam motor para pekerja proyek PLTU 9-10 Suralaya, Kota Cilegon, beberapa waktu lalu. (Dok. BantenHits.com/Istimewa)

Berita Jakarta – Curah hujan yang tinggi sejak Minggu malam, 26 Februari 2023 hingga Senin, 27 Februari 2023 membuat sejumlah kali di Jakarta di antaranya Kali Item, Kali Krukut, dan Kali Ciliwung meluap.

Akibat luapan tiga kali tersebut, permukiman warga dan sejumlah jalan yang berada di sedikitnya 21 RT di Jakarta terendam banjir berketinggian 30-80 cm.

Data BPBD Jakarta menyebutkan, pada Senin pukul 03.00 WIB jumlah lokasi yang tergenang baru mencapai 17 RT dan tiga ruas jalan. Namun saat laporan ini dipublikasikan, lokasi yang tergenang sudah mencapai 21 RT.

“(Yang terendam) 0,069% dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta,” kata Kepala Pusdatin BPBD DKI, M Insyaf dalam keterangannya, Senin, 27 Februari 2023 seperti dilansir RCTI+, jaringan BantenHits.com.

Adapun data wilayah terdampak yang masih tergenang adalah sebagai berikut, di Jakarta Barat sebanyak 11 RT, Jakarta Selatan 2 RT, dan Jakarta Timur sebanyak 8 RT.

“Ketinggian air mulai dari 30-80 cm. Penyebab banjir karena curah hujan tinggi, luapa Kali Item, Kali Krukut, dan Kali Ciliwung,” ujarnya.

Menurut Insyah, BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

“Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat,” ucapnya.

BPBD DKI mengimbau dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam nonstop.

Sumber: RCTI+

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...