Titik Banjir Jakarta Bertambah; Hingga Senin Jam 06.00 WIB Sudah 24 RT Terendam, Kampung Melayu Terparah

Date:

Titik banjir di Jakarta hingga Senin, 27 Februari 2023 jam 06.00 WIB sudah 24 RT terendam. Kampung Melayu menjadi lokasi banjir terparah. FOTO ILUSTRASI: Banuir di Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Sabtu, 17 September 2022.(Dok.BPBD Kabupaten Tangerang)

Berita Jakarta – Titik banjir di Jakarta hingga Senin, 27 Februari 2023 bertambah. Kawasan Kampung Melayu menjadi lokasi banjir terparah karena ketinggian air mencapai 1 meter.

Data Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan, hingga pukul 06.00 WIB, total terdapat 24 RT di Jakarta terdampak banjir dengan ketinggian bervariasi dari 20 centimeter (cm) hingga satu meter.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji mengatakan, banjir setinggi satu meter yang merendam kawasan Kampung Melayu disebabkan meluapnya Kali Ciliwung.

“Terjadi di dua RT akibat curah hujan tinggi dan luapan Kali Ciliwung,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji di Jakarta, Senin, 27 Februari 2023 seperti dilansir RCTI+, jaringan BantenHits.com.

Berikut kawasan di Jakarta yang terendam banjir:

Jakarta Barat

Lokasi banjir di kawasan ini terdapat 12 RT di Kelurahan Kembangan Utara dengan ketinggian air 30-40 cm.

Kemudian di Kelurahan Tegal Alur ada 3 RT setinggi 20-35 cm, Kelurahan Rawa Buaya ada delapan RT dengan ketinggian 30-60 cm.

Jakarta Timur

Banjir di kawasan ini akibat luapan Kali Ciliwung dan Kali Item. Terdapat yakni sebanyak 10 RT terdampak di antaranya satu RT di Cililitan dengan ketinggian 50-60 cm akibat curah hujan dan luapan Kali Item.

Kemudian di Kelurahan Cawang ada dua RT dengan ketinggian 90 cm akibat luapan Kali Ciliwung, selanjutnya di Kelurahan Bidara Cina ada lima RT dengan ketinggian hingga 90 cm juga akibat luapan Kali Ciliwung dan Kampung Melayu setinggi satu meter di dua RT.

Sebanyak dua RT juga tergenang di Cilandak Timur, Jakarta Selatan dengan ketinggian air 50 cm akibat curah hujan dan luapan Kali Krukut.

Sejumlah Pintu Air Berstatus Waspada

Menurut Isnawa, jajarannya saat ini sudah mengerahkan sejumlah personel untuk mengawasi kondisi genangan di setiap wilayah.

“BPBD DKI menggandeng Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) dan instansi terkait lain untuk melakukan penyedotan genangan dan banjir,” jelasnya.

Selain personel, pihaknya juga mengerahkan ratusan pompa stasioner dan pompa keliling untuk menyedot banjir bekerja sama dengan Dinas SDA DKI.

Sebelumnya, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Minggu, 26 Februari 2023 hingga Senin pagi, 27 Februari 2023.

Tingginya intensitas hujan tersebut menyebabkan kenaikan status siaga Pintu Air Manggarai menjadi siaga tiga atau Waspada.

Kemudian, pintu air lain juga siaga tiga atau waspada yakni Bendung Katulampa, Pintu Air Karet, Pos Angke Hulu, Pos Sunter Hulu.

Berdasarkan data BMKG, puncak musim hujan diperkirakan terjadi pada Januari-Februari 2023.

Sumber: RCTI+

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...