Peran Penting Ponpes di Kabupaten Serang; Meningkatkan IPM dan Memperkuat Akhlak Generasi Bangsa

Date:

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah saat melepas Pelepasan Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) Pondok Pesantren (Ponpes) Darunnajah Tahun Pendidikan 2022-2023 di Tenis Indoor Setda Kabupaten Serang, Senin 6 Maret 2023. Menurut Tatu, Ponpes di Kabupaten Serang tak hanya sekadar meningkatkan IPM melainkan memperkuat akhlak generasi bangsa. (Istimewa)

Berita Kabupaten Serang – Keberadaan Pondok Pesantren di Kabupaten Serang, tak hanya mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), melainkan juga memperkuat akhlak generasi bangsa.

Karenanya, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah meminta kalangan pondok pesantren (ponpes) dan aparatur Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk terus meningkatkan sinergi.

Hal tersebut dikatakan Tatu di sela-sela Pelepasan Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) Pondok Pesantren (Ponpes) Darunnajah Tahun Pendidikan 2022-2023 di Tenis Indoor Setda Kabupaten Serang, Senin 6 Maret 2023.

”Saya sangat menginginkan dampak positif dari sisi pembelajaran agama yang dibawa oleh anak-anak santri. Dampak positifnya itu harus dikemas oleh Pemda bersama-sama dengan para pengajar pondok pesantren,” ujar Tatu dalam keterangannya.

Menurutnya, para pengajar Ponpes bisa melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Pemkab Serang melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda). Terutama dalam menyusun program bersama untuk para santri maupun remaja di Kabupaten Serang.

“Pemda Kabupaten Serang sangat mendukung keberadaan sekolah swasta di pondok-pondok pesantren. Agar target dari peningkatan IPM di bidang pendidikan bisa terbantu,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini pondok pesantren modern, banyak yang memiliki sekolah swasta, salah satunya Darunnajah. Mulai dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

”Kita lihat daerah-daerah lain yang banyak sekolah swasta, banyak ponpes yang bisa masuk, itu IPM pasti tinggi karena tidak hanya bisa mengandalkan dari sekolah negeri,” ujarnya.

Tatu menyampaikan terima kasih untuk Ponpes Darunnajah yang sudah memiliki lima cabang di Kabupaten Serang. Yakni di Kecamatan Pabuaran, Ciomas, Padarincang, sampai Kecamatan Cinangka.

”Saya berharap Ponpes Darunnajah ini atau ponpes-ponpes yang lain bisa berdiri di kecamatan-kecamatan yang lain,” ujarnya.

Sekadar diketahui, ada 57 santriwan/santriwati tingkat SMA/SMK yang akan melaksanakan PPM selama 14 hari. Tersebar di Kramatwatu, Padarincang, Anyer, Bojonegara, Tirtayasa, dan Ciomas.

Turut hadir tokoh masyarakat Banten Embay Mulya Syarif, Wakil Pengasuh Ponpes Darunnajah KH. Hasyim Syaban, serta sejumlah pejabat eselon II dan camat di lingkungan Pemkab Serang.

Tatu berharap, selama para santri turun ke masyarakat, ada program bersama yang bisa dijalankan dengan Pemkab Serang.

”Karena ini kan pengabdian masyarakat, sudah berjalan lama dari 2010 sampai sekarang. Supaya sinergitasnya ada, dan mereka juga tahu persoalan di masyarakat yang harus ditangani,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Pengasuh Ponpes Darunnajah, KH Hasyim Syaban mengatakan untuk jumlah yang mengikuti PPM sebanyak 57 orang.

“PPM Ini dilaksanakan oleh santri kelas akhir yakni tingkat SMA/SMK. Mereka akan melaksanakan PPM selama dua minggu. Mereka akan belajar bermasyarakat,” ujarnya.

Buruan Merapat! Waroeng Steak and Shakes Buka Cabang di Jalan Ir H Juanda Ciputat, Persis Depan UIN

Tangerang – Pionir restoran steak dengan harga terjangkau, Waroeng Steak and Shake resmi membuka cabang baru di Jalan Ir H Juanda, Pisangan, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Outlet berkonsep ‘Spot’ baru itu menjadi yang pertama di wilayah tersebut.

Pembukaan outlet itu ditandai dengan pemotongan pita oleh Direktur Waroeng Steak and Shake, Bagus. Selanjutnya mengundang warga sekitar untuk melakukan syukuran dan santunan kepada para anak yatim piatu.

Marketing Komunikasi Waroeng Steak and Shake, Fachrul Rozy mengatakan, outlet ini akan memberi pelayanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan yang diperkirakan akan terus dipadati oleh mahasiswa. Sebab lokasinya berada  di depan Universitas Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

“Alhamdulillah Waroeng Steak and Shake kembali membuka cabang baru di wilayah Tangerang Selatan ini. Tentu target dari outlet ini marketnya mahasiswa dengan menyajikan berbagai kenyamanan,” ucapnya, Senin 6 Maret 2023.

Rozy menjelaskan, outlet ‘Spot’ ini menjadi tempat yang kedua di Indonesia setelah sebelumnya dibuka di wilayah Bali. Pihaknya menghadirkan tema workspace pada cabang tersebut guna memberikan kenyamanan kepada para mahasiswa yang dapat sekaligus mengerjakan tugasnya.

“Jadi di tempat ini untuk lantai satu ada parkiran dan musholla lalu lantai dua diningroom dan restroom dengan workspace sementara lantai tiga sama seperti yang ada di lantai dua dengan tambahan smoking area,” katanya.

Rozy menambahkan, secara nasional Waroeng Steak and Shake sudah ada 97 cabang. Namun pada outlet berkonsep ‘Spot’ ini tersaji makanan ringan atau snack dan dessert yang dimulai dari harga Rp10 ribuan seperti croissant blueberry dan lainnya.

“Jadi nanti kita juga akan membagikan voucher gratis kepada mahasiswa supaya mereka mengetahui apa saja fasilitas yang di sediakan dan sekaligus bisa menikmati suasana spot yang telah disi dengan tempat charger dan WiFi,” ucapnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...