Tinjau Kesiapan Kurban, Wakil Wali Kota Tangerang Nekat Gelantungan di Tempat Penyembelihan

Date:

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin nekat naik dan bergelantungan di tempat gantungan hewan yang ada di tempat penyembelihan hewan di RPH Masjid Al Azhom, Senin, 26 Juni 2023. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin meninjau langsung kesiapan tempat Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang berlokasi di belakang Masjid Al Azhom, Kota Tangerang, Senin, 26 Juni 2023. Sachrudin ingin memastikan pelaksanaan Salat Idul Adha dan pelaksanaan kurban berjalan lancar.

“Kami ingin memastikan pelaksanaan Hari Raya Iduladha terutama pada saat pemotongan hewan kurban, segala fasilitas pendukungnya sudah siap dan dapat melaksanakannya sesuai yang disyariatkan dalam agama,” kata Sachrudin melalui keterangan resmi.

Dalam kesempatan ini, ada momen menarik yakni ketika Sachrudin nekat naik dan bergelantungan di tempat gantungan hewan yang ada di tempat penyembelihan. Bukan tanpa maksud, Sachrudin ingin mengetahui langsung penggunaan alat bernama electric chain hoist. Pasalnya, alat tersebut baru akan digunakan pada Idul Adha 1444 H ini.

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin saat mengecek kesiapan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Masjid Al Azhom menjelang pelaksanaan kurban Idul Adha 1444 H. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Sachrudin menceridtakan, tahun lalu pengangkatan sapi usai disembelih dilakukan secara manual. Namun pada tahun ini dilakukan dengan menggunakan electric chain hoist yang merupakan inovasi dari salah satu petugas kurban Masjid Raya Al Azhom.

Electric chain hoist berfungsi untuk mengangkat hewan kurban pasca disembelih, untuk kemudian dibersihkan dan dilakukan pencacahan daging.

“Alhamdulillah, ada inovasi dari petugas kurban kami untuk memudahkan dan mempercepat proses penyembelihan hingga pemotongan hewan kurban dengan menggunakan electric chain hoist,” jelas Sachrudin.

Sementara itu, mengenai mekanisme pembagian daging kurban, Sachrudin yang turut didampingi Ketua Harian Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Azhom, Achmad Chaerudin menyampaikan, pembagian hewan kurban akan dilakukan melalui sistem kupon yang dibagikan usai pelaksanaan salat Idul Adha.

“Kami coba atur sistem antreannya, supaya nggak ada penumpukan. Yang baris laki-laki dan perempuan terpisah dan insya Allah kami juga akan turut membagikan hewan kurban ke setiap kecamatan,” ujarnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...