Kesamaan Nyali dan Isi Hati Membuat Jokowi-Prabowo Klop Jadi Bestie

Date:

Kesamaan nyali dan isi hati membuat Jokowi-Prabowo klop jadi bestie. ILUSTRASI: Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tersenyum bersama di Malaysia. (FOTO: detik.com/Dok. Istimewa)

Berita Pilpres – Kebersamaan Presiden Joko Widodo dengan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto yang akhir-akhir ini selalu ditunjukkan kepada publik semakin menegaskan kedua tokoh yang dulu merupakan rival politik telah menjadi teman dekat.

Terkait kedekatan Jokowi-Prabowo ini, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman bahkan menyebut keduanya sebagai bestie, sebuah istilah kekinian yang kerap dilontarkan millenials yang maknanya sahabat sejati.

“Kedekatannya kan kita bisa lihat sendiri beliau berdua itu kalau kata anak-anak milenial, gen Z itu bestie ya kan. Bukan lagi sekadar teman dalam kabinet, dalam politik tapi sahabat sebagai tokoh bangsa,” kata Habiburokhman di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin, 26 Juni 2023 seperti dilansir Suara.com, jaringan BantenHits.com.

Lalu apa kira-kira kesamaan yang dimiliki Jokowi-Prabowo sehingga membuat mereka bisa klop menjadi bestie?

Menurut pandangan Habiburokhman, Prabowo dan Jokowi memiliki kesamaan pada nyali alias keberanian serta isi pikiran dan hati.

“Apa yang ada di pikiran dan hati Pak Prabowo dan Pak Jokowi itu saya melihatnya sama,” kata Habiburokhman.

Mereka, dikatakan Habiburokhman, sama-sama ingin bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan berjaya. Prabowo dan Jokowi sama-sama ingin pemimpin bisa melindungi kepentingan bangsa dan negara dalam konteks internasional.

“Lihat narasi pernyataan kan dan implementasi kebijakannya Pak Jokowi, kan sama dengan apa yang digaung-gaungkan Pak Prabowo. Soal nikel misalnya, iya kan. Kemudian soal bauksit, bagaimana kita wnggak mau ekspor mentah, ya kan, hilirisasi. Soal saham di Freeport ya macam-macam,” ungkapnya.

Ia berujar hal itu yang dulu dianggap Jokowi tidak memiliki keberanian. Tetapi itu dibuktikan langsung bahwa Jokowi memiliki keberanian. Keberanian serupa yang juga dimiliki Prabowo.

“Jadi kita orang-orang kan dulu hanya Pak Jokowi berani enggak nih, ternyata beliau itu sama beraninya dengan Pak Prabowo dalam konteks menjaga kepentingan nasional. Nah itu lah yang membuat beliau dekat,” ujar Habiburokhman.

“Jadi sebagai sesama tokoh bangsa karena ada satu frekuensi pemikiran yang sama, beliau ya berdua sekarang ini seiya sekata,” sambungnya.

Habiburokhman mencontohkan bagaimana seiramanya Jokowi dengan Prabowo yang bisa dilihat dari langkah Partai Gerindra mendukung penuh kebijakan-kebijakan pemerintah di parlemen.

“Dan Pak Jokowi waktu HUT hari ulang tahun Partai Gerindra secara blak-blakan ngomong, dukungan Gerindra di Parlemen di Partai Gerindra terhadap pemerintahan itu luar biasa. Ya jadi Pak Prabowo kan gitu pak, kalau sudah gabung sudah join, dia akan loyal dan totalitasnya kelihatan gitu lho, kurang lebih begitu,” tutur Habiburokhman.

Banyak Belajar dari Jokowi

Habiburokhman mengungkapkan Prabowo Subianto banyak belajar dari Presiden Jokowi. Terutama soal gaya kepemimpinan Jokowi.

Habiburokham bercerita Menteri Pertahanan Prabowo memuji gaya kepemimpinan Jokowi yang dianggap efektif. Pujian itu disampaikan Ketua Umum Gerindra ini dalam rapat-rapat internal partai.

“(Prabowo) mengatakan di rapat kami ya, sebetulnya agak-agak internal tapi saya buka saja ke kalian ini teman-teman. Saya ini salut juga dengan Pak Jokowi, beliau itu kalau rapat, itu efektif sekali kepemimpinan beliau,” ungkap Habiburokhman mengulang perkataan Prabowo.

Prabowo, lanjut Habiburokhman, menilai gaya kepemimpinan Jokowi bagus karena tidak bertele-tele sebagaimana banyak pemimpin lain.

“Gaya kepemimpinan ini saya pikir bagus, ya kan. Kadang kadang pemimpin itu rapat bertele tele bisa berjam-jam dan lain sebagainya tapi belum tentu jalan. Kalau dia beliau ini, satu dua jam selesai tapi implementasinya dikawal,” kata Habiburokhman.

“Nah itu benar benar kepemimpinan yang efektif sebagai tentara saya melihat ini salah satu kepemimpinan yang paling efektif yang pernah saya lihat gitu,” lanjutnya.

Hal itu yang menjadikan Prabowo banyak belajar dengan Jokowi. Bahkan tidak hanya dengan Jokowi, Prabowo kerap belajar dari mereka yang umurnya lebih muda.

“Jadi dia belajar, Pak Prabowo itu orang yang sangat ingin belajar dan terus belajar. Bukan hanya kepada Pak Jokowi yang lebih muda, juga ke banyak tokoh-tokoh lain ya yang lebih muda asal hal baik, dia pelajari,” pungkasnya.

Sumber: Suara.com

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...