Ketegasan Prabowo dan Keluwesan Erick Thohir Bangun Relasi Jadi Kunci Teruskan Kerja Jokowi

Date:

Ketegasan yang dimiliki Prabowo Subianto dan keluwesan yang ada pada diri Erick Thohir dalam membangun relasi Internasional menjadi kunci untuk meneruskan kerja Kabinet Jokowi-Ma’ruf. ILUSTRASI: Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) dan Menhan Prabowo Subianto (kiri) saat menyaksikan laga FIFA Matchday Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin, 19 Juni 2023. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/tom/Suara.com)

Berita Jakarta – Menteri Pertahanan Republik Indonesia yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, dinilai memiliki ketegasan dalam membangun pertahanan dan keamanan negara.

Ketegasan yang dimiliki Prabowo akan lengkap jika dipadukan dengan sosok berkarakter luwes dalam membangun relasi internasional seperti yang dimiliki Menteri BUMN yang juga Ketua PSSI, Erick Thohir.

Pandangan tersebut disampaikan Pengamat Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing. Karenanya menurut Emrus, duet Prabowo Subianto dengan Erick Thohir dinilai cocok untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 lantaran bakal saling mengisi satu dengan lainnya.

Dengan ketegasan yang dimiliki Prabowo dan keluwesan Erick maka hal ini menjadi amunisi untuk meneruskan kerja Pemerintahan Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin.

“Menurut pandangan saya, ketika mereka berdua resmi menjadi calon dalam konteks kampanye, konteks debat presiden dan kemudian ketika menang, mereka adalah pasangan yang saling mengisi satu dengan yang lain,” kata Emrus seperti dikutip Suara.com–jaringan BantenHits.com dari Antara, Rabu, 28 Juni 2023.

Emrus juga mengemukakan, kedua nama tersebut mendapat nilai positif dari masyarakat, jika ditinjau dari survei elektabilitas beberapa lembaga nasional.

Selain itu, dia juga menyoroti, hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada 26-30 Mei 2023.

Berdasarkan hasil survei tersebut, nama Prabowo berhasil menempati posisi pertama dalam simulasi 10 nama calon presiden (capres) dengan raihan dukungan sebesar 29,1 persen.

Sementara, Erick Thohir juga berada di peringkat teratas dalam survei elektabilitas dengan simulasi 18 nama calon wakil presiden (cawapres) yakni dengan raihan dukungan sebesar 15,5 persen.

Kemudian berdasarkan survei Indonesia Political Opinion (IPO) menyebut, Prabowo dan Erick resmi melenggang bersama sebagai capres dan cawapres, maka total elektabilitas keduanya memperlihatkan tren positif.

Menurut survei IPO tersebut jika Prabowo berpasangan dengan Erick maka total suara yang mereka dapatkan adalah 21,4 persen.

Menilik hasil survei tersebut, Emrus berpendapat bahwa Prabowo dan Erick akan menjadi pasangan yang kompeten untuk maju dalam kontestasi Pilpres mendatang.

“Sangat bagus sekali pasangan ini, menurut kacamata saya,” katanya.

Sumber: Suara.com

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pesan dari Dua Prajurit Bhayangkara di Timnas U-23 untuk Kawula Muda! 

Berita Sepak Bola - Keberhasilan Timnas U-23 menembus semi...

Peluang Koalisi PDIP-Golkar Pada Tiga Periode Pilkada Kabupaten Serang Terbuka Lebar

Berita Serang - Peluang koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan...

Tangkapan Besar Itu Berawal Pengungkapan Transaksi 1 Kg Sabu di Desa Sukamantri

Berita Tangerang - Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten...