Kumpul di Tangerang, Bupati se-Indonesia Tak Hanya Rakernas Apaksi dan Promosi Produk Tapi Bahas Pilpres Juga

Date:

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amn saat meninjau produk unggulan seusai membuka Rakernas Apkasi XV dan Apkasi Otonomi Expo 2023 yang digelar di ICE BSD, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Kamis, 20 Juli 2023. (FOTO: istimewa)

Berita Tangerang – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten se-Indonesia (Apkasi) ke-XV dan Apkasi Otonomi Expo 2023 yang digelar di ICE BSD, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, resmi dibuka Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, Kamis, 20 Juli 2023.

Acara ini digelar Kamis – Sabtu, 20 – 22 Juli 2023 dengan menampilkan keunggulan-keunggulan masing-masing kabupaten seluruh Indonesia, bukan saja sumber daya alam alamnya tapi juga perekonomian dan UMKM.

Selain dihadiri bupati seluruh Indonensia anggota Apkasi, acara tersebut juga dihadiri oleh Mendagri, Menteri Koperasi UKM, Ketua KPK, Pj Gubernur Banten dan beberapa pejabat negara lainnya.

Bahas Isu Nasional

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar yang mendampingi langsung Wapres, Ma’ruf Amin saat kegiatan mengatakan, tujuan digelarnya Rakernas Apkasi dan Apkasi Otonomi Expo 2023 bukan hanya sekedar ajang promosi keunggulan yang dimiliki kabupaten seluruh Indonesia, namun juga membahas isu-isu nasional yang berkembang saat ini.

“Tujuan dari Rakernas dan Apkasi Otonomi Expo kali ini adalah bukan saja mempromosikan keunggulan dari Kabupaten se-Indonesia tetapi juga kita membahas perhelatan akbar di Indonesia yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilu yang nanti akan digelar secara serentak,” ungkap Zaki melalui keterangan resmi.

Dia menambahkan Rekenas dan Apkasi Otonomi Expo tersebut juga dirangkaikan dengan berbagai promosi produk-produk unggulan dari masing-masing kabupaten seluruh Indonesia yang diharapkan dapat diminati dan diserap oleh pasar baik domestik maupun luar negeri.

“Kita juga mengundang para duta besar dan juga para Kadin dari berbagai negara. Mudah-mudahan melalui ajang ini produk-produk lokal unggulan dan berkualitas dari masing-masing kabupaten dapat diminati dan diserap pasar, bukan saja domestik tetapi pasar dunia,” tuturnya.

Kembangan Potensi Daerah

Sementara, di hadapan para bupati se-Indonesia yang hadir di acara tersebut, Ma’ruf Amin berharap pemerintah kabupaten seluruh Indonesia yang hadir bisa memanfaatkan acara tersebut sebagai ajang untuk mempromosikan dan mengembangkan destinasi wisata, komoditas dan investasi unggulan daerah, termasuk produk dan jasa halal, seperti makanan, minuman, fashion, farmasi, kosmetik dan wisata halal.

“Banyak kabupaten yang memiliki potensi wisata yang layak dikembangkan untuk menarik investor, menumbuhkan ekonomi kreatif, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan penghasilan warga setempat, sekaligus melestarikan budaya lokal,” kata Ma’ruf Amin melalui keterangan resmi Pemkab Tangerang.

Ma’ruf juga meminta kepada seluruh kabupaten dapat membangun bisnis wisata halal yang berkelanjutan, mengingat jumlah wisatawan muslim dunia terus melonjak hingga mencapai 110 juta wisatawan tahun 2022.

“Terakhir, perkuat kualitas sumber daya manusia di daerah masing-masing. Genjot penurunan angka stunting hingga mencapai target prevalensi stunting 14 persen pada tahun 2024,” pintanya.

Apaksi Otonomi Expo 2023 digelar mulai 20 Juli sampai dengan Sabtu, 22 Juli 2023 dengan menampilkan keunggulan-keunggulan masing-masing kabupaten seluruh Indonesia, bukan saja sumber daya alam alamnya tapi juga perekonomian dan UMKM.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Mendagri, Menteri Koperasi UKM,Ketua KPK, para bupati seluruh Indonesia, Pj Gubernur Banten dan beberapa pejabat negara lainnya.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...