Jangan Percaya Video soal Pasar Curug Terbakar, Ini Penjelasan Resmi Kepala Damkar!

Date:

Video dengan narasi Pasar Curug terbakar beredar di WhatsApp, Kamis malam hingga Jumat, 28-29 September 2023. Padahal Pasar Curug tak terbakar. Peristiwa yang sebenarnya yang terbakar hanya tumpukan sampah di belakang PasarCurug. FOTO ILUSTRASI: Kebakaran melanda Pasar Sentiong Balaraja, Sabtu, 24 September 2022. (Dok. BPBD Kabupaten Tangerang )

Berita Tangerang – Kamis petang, 28 September 2023, masyarakat Kabupaten Tangerang dihebohkan dengan beredarnya sebuah video kebakaran yang dinarasikan melanda Pasar Curug, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang.

Video tersebut ternyata salah. Karena ternyata yang terbakar bukan kawasan Pasar Curug, melainkan hanya tumpukan sampah yang berada di belakang Pasr Curug.

Hal tersebut diketahui setelah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang melakukan penanganan pemadaman di lokasi kejadian dengan menurunkan dua mobil pemadam kebakaran bersama belasan personel.

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat mengatakan, pihaknya hanya butuh waktu 45 menit untuk menangani kebakaran tersebut.

“45 menit api sudah berhasil dikendalikan dan dipadamkan oleh petugas, dan kita dalam hal ini menerjunkan dua unit mobil pemadam dari regu A Mako Curug dan pos Kelapa Dua,” kata Ujat dikutip BantenHits.com dari lman resmi Pemkab Tangerang.

Menurut Ujat, kebakaran di belakang Pasar Curug tersebut dilaporkan warga setempat kepada BPBD Kabupaten Tangerang pada pukul 17.47 WIB.

“Penanganan dilakukan kurang lebih butuh waktu selama 45 menit. Tidak terdapat korban jiwa ataupun korban luka dalam peristiwa kebakaran tersebut. Sementara, untuk kerugian materil masih dilakukan pendalaman,” ujarnya.

Ujat juga mengklarifikasi video kebakaran yang beredar melalui aplikasi WhatsApp yang menginformasikan kejadian di dalam Pasar Curug. Informasi itu tidak benar karena kebakaran terjadi di belakang pasar.

“Ternyata informasi tersebut tidak benar. Saat petugas sampai di lokasi kebakaran, ternyata yang kebakaran bukan di pasar seperti yang ada di video. Namun, kebakaran terjadi di tumpukan sampah belakang pasar,” terangnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...