Mengenal Es Kembang Telang; Produk UMKM yang Kini Populer Jadi satu-satunya di Tangerang

Date:

Es kembang telang, jajanan khas dan unik hasil inovasi Kembang Telang Garden Cafe di Kuncirang, KOta Tangerang. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Es kembang telang mendadak ramai jadi bahan perbincangan sejumlah penyuka jajajan kekinian di Tangerang.

Es dengan bahan dasar kembang telang yang memiliki warna khas biru keungu-unguan itu memang produk asli yang dihasilkan Kembang Telang Garden Cafe, sebuah tempat kulineran yang berlokasi di Jalan H. Jali, No. 1, Kunciran Jaya, Pinang, Kota Tangerang.

Dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkot Tangerang, Kembnag Telang Garden Cafe merupakan satu-satunya tempat kkuliner di Kota Tangerang yang menawarkan sajian menu es kembang telang, es segar yang diolah langsung dari bunga kembang telang.

Menu spesial es kembang telang tersebut kini tengah digemari. Banyak pengunjung yang rela datang jauh-jauh untuk memburu es unik ini.

Pemilik Kembang Telang Garden Cafe, Robby menuturkan, es kembang telang merupakan inovasinya yang telah dimulai sejak setahun belakangan ini.

Menurut Robby, awalnya es kembang telang tersebut dibuat dalam bentuk kemasan ala UMKM biasanya. Namun, seiring dengan permintaan yang kian banyak, kini es kembang telang tersebut bisa didapatkan di cafe unik dengan suasana teduh yang nyaman, yakni hanya di Kembang Telang Gerden Cafe, Pinang, Kota Tangerang.

“Kita dulu memulainya sebagai UMKM binaan kecamatan. Awalnya membuat sirup berbahan dasar bunga kembang telang yang telah dijemur, terus diekstrak manual, dan ditambah gula sehingga terasa manis. Sesuai dengan riset yang telah dilakukan, es kembang telang ini mempunyai khasiat kesehatan seperti untuk antioksidan, dan lain sebagainya,” kata Robby, Jumat, 29 September 2023 dilansir tangerangkota.go.id.

Salah satu view di Kembng Telang Garden Cafe, tempat kulineran yaang menjual jajanan khaa es kembang telang. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Meski memiliki es kembang telang yang jadi favorit, Kembnag Telang Garden Cafe juga banyak menyajikan menu-menu lainnya yang tidak kalah memanjakan lidah seperti pecak nila khas masakan Betawi, sop iga yang kesegaran tidak tertandingi, sampai menu-menu ringan lainnya seperti cireng dan pisang goreng, semuanya disajikan dengan harga yang sangat terjangkau.

“Harganya sangat terjangkau, khusus es kembang telang sendiri, kita pasang harga mulai 5 ribu rupiah. Untuk yang lain-lain sudah bisa didapatkan mulai harga 10 ribu sampai 50 ribu rupiah, kalian sudah bisa merasakan nikmatnya menu-menu buatan kami,” jelasnya.

Kini, Kembang Telang Garden Cafe ramai dikunjungi banyak pengunjung setiap harinya. Terkenal sebagai salah satu cafe yang menyediakan suasana saung tradisional yang teduh, Kembang Telang Garden Cafe menjadi salah satu yang paling “recommended” untuk dikunjungi.

Buat kalin yang ingin berkunjung, Kembang Telang Garden Kafe buka setiap hari kecuali hari Kamis, mulai pukul 10.00-18.00 WIB.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....

Langkah Sungguh-sungguh Para Pemangku Kepentingan Mewujudkan Banten yang Lebih Baik

Berita Banten - Langkah-langkah menuju Banten yang lebih baik...

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...