Sepanjang 2021-2023 Sudah 3.000 Warga Cilegon Dapat Beasiswa Full Sarjana

Date:

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian saat memberikan secara simbolis beasiswa kepada warga Cilegon. Sepanjang 2021-2023 S
Sudah 3.000 warga Cilegon dapat beasiswa full sarjana. (BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Berita Cilegon – Pemerintah Kota atau Pemkot Cilegon melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah memberikan beasiswa full sarjana kepada 3.000 warga sepanjang 2021-2023.

Hingga 2025 nanti, Dindikbud Kota Cilegon meenargetkan 5.000 warga mendapat beasiswa full sarjana.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dindikbud Kota Cilegon, Heni Anita Susila di sela kegiatan Beasiswa Full Sarjana Fair” (BFS) Kota Cilegon tahun 2023 yang digelar Dindikbud Kota Cilegon di Halaman Rumah Dinas Wali Kota Cilegon, Kamis, 21 Desember 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian; Kadindikbud Kota Cilegon, Heni Anita Susila beserta jajarannya. Kemudian Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, Sekretaris Daerah, Stand Perguruan Tinggi Negeri dan swasta, mahasiswa serta pelajar dan tamu undangan lainnya.

“Alhamdulillah, mulai tahun 2021, 2022, sampai 2023 sudah mencapai 3000 orang penerima beasiswa. Target yang harus dicapai sebanyak 5000 orang sampai tahun 2025,” ujarnya, saat ditemui usai acara.

Heni juga menjelaskan untuk tahun ini ada 5 orang mahasiswa yang belajar di Al-Azhar Qairo, Yaman, dan bagian Timur Tengah, dengan jumlah beasiswa Rp 3 juta rupiah per semester.

“Kita membantu mahasiswa Rp3 juta rupiah per semester. Alhamdulillah kalo di Mesir dan Timur Tengah biayanya tidak terlalu besar, mereka sangat terbantu dengan beasiswa tersebut,” jelasnya.

Rp 120 M Digelontorkan

Dan diketahui untuk penerima beasiswa ini khusus untuk masyarakat Cilegon atau pelajar yang berdomisili minimal 5 tahun di Cilegon.

“Beasiswa diberikan untuk warga Cilegon saja yang KTP-nya Cilegon atau minimal sudah berdomisili selam 5 tahun di wilayah Cilegon,” tuturnya.

Heni menambahkan, untuk Perguruan Tinggi (PT) yang sudah bergabung menandatangani MoU melalui jalur prestasi dan jalur tidak mampu ada 24 PTN dan PTS di wilayah Cilegon dan sekitarnya.

“Ada 3 PTN yaitu UIN, Untirta, UT dan 21 PTS yang ada di wilayah Cilegon dan DKI Jakarta. Sedangkan untuk jalur mandiri diperbolehkan semua PT di seluruh Indonesia dan jalur mandiri ke luar negeri juga diperbolehkan untuk semua PT di manca negara,” jelasnya.

Dengan kehadiran stand perguruan tinggi dalam acara ini bertujuan untuk memberikan informasi akurat kepada anak-anak sekolah yang akan lulus tahun ini.

“Dengan adanya stan perguruan tinggi memberikan informasi lengkap, maka anak-anak kelas XII akan mampu memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikannya,” tambahnya.

Anggaran yang sudah dikeluarkan untuk tahun ini sebesar Rp14 M. Untuk semuanya sampai lulus semua selama 5 tahun, maka Pemkot akan mengeluarkan dana totalnya sebesar Rp120 M.

“Dana ini sudah tercantum dalam RPJMD periode tahun 2021-2026. Jadi, ini merupakan tanggung jawab kita semua untuk mensukseskan program tersebut,” tegasnya.

Menurutnya, program ini sangat membantu masyarakat Cilegon dan manfaatnya sudah dirasakan oleh masyarakat.

“Terbukti melalui testimoni dan masyarakat Cilegon sangat berterima kasih atas program ini,” paparnya.

Dan yang sangat istimewa, ada salah satu wartawan Fakta Banten yang bernama Heri berhasil mendapatkan bantuan Beasiswa Full Sarjana ke Taiwan.

“Kang Heri mendaftar melalui aplikasi, dan Alhamdulillah memenuhi syarat,” tutupnya.

Ditemui di tempat yang sama, Helldy menyampaikan bagi mahasiswa yang sudah lulus bisa mengikuti program magang kerja di perusahaan, salah satunya PT. Krakatau Steel.

“Bagi perguruan tinggi yang dibutuhkan oleh PT. Krakatau Steel bisa merekrut mahasiswa yang sudah lulus,” katanya.

Kemudian ia berharap Dindikbud dapat memonitor angkatan I, II, III dan seterusnya agar lulusan Beasiswa Full Sarjana mendapatkan pekerjaan yang layak. Dan semua program yang sudah direncanakan dapat direalisasikan dengan baik.

“Dindikbud harus terus memonitor alumni BFS, jangan hanya mencetak tapi juga memantau untuk masa depan mereka yang lebih baik,” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...