Mau Tahu Ragam Produk Batik Khas Kota Tangerang? Datanglah ke Kampung Batik Kembang Mayang!

Date:

Para pengrajin batik di Kampung Batik Kembang Mayang tengah membuat kerajinan batik khas Kota Tangerang. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Bagi Anda yang ingin mengetahui ragam produk batik khas Kota Tangerang, Anda bisa mengunjungi Kampung Batik Kembang Mayang. Di tempat ini, Anda akan menemukan corak batik khas Kota Tangerang pada bentuk kerajinan batik mulai dari kain, baju, selendang, tas, dan aksesoris lainnya.

Kampung Batik Kembang Mayang berada di RW 11, Kelurahan Larangan Selatan, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang. Pada Sabtu, 13 Januari 2024, Pemerintah Kecamatan Larangn menggelar Gebyar Batik di lokasi ini.

Camat Larangan, Nasrullah menuturkan Gebyar Batik diselenggarakan untuk mengeksplorasi potensi kerajinan batik khas Kota Tangerang yang dikelola oleh Kampung Batik Kembang Mayang.

“Gebyar Batik dilakukan sebagai salah satu langkah strategis untuk mempopulerkan Kampung Batik Kembang Mayang yang selama ini telah dikenal produktif membuat motif batik yang merepresentasikan identitas Kota Tangerang,” kata Nasrulloh, Sabtu, 13 Januari 2024 dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkot Tangerang.

Kampung Batik Kembang Mayang bersama dengan UMKM di RW 11 Kelurahan Larangan Selatan, lanjutnya, telah dikenal mampu memproduksi berbagai bentuk kerajinan batik, mulai dari kain, baju, selendang, tas, sampai aksesoris lainnya.

“Kami bersama seluruh lapisan masyarakat sekitar baru saja sukses mengadakan Gebyar Batik dalam rangka mendorong potensi Kampung Batik Kembang Mayang. Jadi, bukan hanya menghidupkan sanggar batik, kami akan terus mendukung kegiatan di sini berkembang menjadi industri lokal yang menjanjikan,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kampung Batik Kembang Mayang sendiri selama ini telah berhasil membangun ekosistem ekonomi kreatif yang unggul. Lewat pemberdayaan masyarakat, khususnya sekitar 30 pengrajin batik yang diambil dari masyarakat sekitar, potensi yang dimiliki Kampung Batik Kembang Mayang telah mendapatkan pengakuan prestisius dari banyak pihak, mulai dari tingkat lokal, regional, sampai nasional.

Selain itu, Gebyar Batik diharapkan mampu mempopulerkan potensi Kampung Batik Kembang Mayang untuk terus produktif dalam menghasilkan batik-batik terbaiknya.

Nasrulloh menegaskan, Kecamatan Larangan terus berkomitmen mengawal pengembangan yang akan dilakukan kedepannya, seperti meningkatkan daya beli batik serta mengembangkan kampung tematik ini menjadi salah satu destinasi wisata budaya di Kota Tangerang.

“Tentunya, semoga kedepannya Kampung Batik Kembang Mayang dapat terus berinovasi meningkatkan daya saingnya untuk dapat terus beradaptasi mengikuti perkembangan zaman dari waktu ke waktu,” pungkasnya.

Ketua Pengelola Kampung Batik Kembang Mayang, Zulifni Adnan menambahkan, Kampung Batik Kembang Mayang telah ada sejak tahun 2017.

“Seiring berjalannya waktu, keunikan dari karya-karya kami telah diakui oleh banyak pihak. Seperti, batik-batik yang potensial secara ekonomi yang kami produksi, mulai dari batik tulis, cap, dan temporer yang bermotif khas Kota Tangerang,” jelas Zulifni Adnan.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pesan dari Dua Prajurit Bhayangkara di Timnas U-23 untuk Kawula Muda! 

Berita Sepak Bola - Keberhasilan Timnas U-23 menembus semi...

Peluang Koalisi PDIP-Golkar Pada Tiga Periode Pilkada Kabupaten Serang Terbuka Lebar

Berita Serang - Peluang koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan...

Tangkapan Besar Itu Berawal Pengungkapan Transaksi 1 Kg Sabu di Desa Sukamantri

Berita Tangerang - Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten...