Kata BPKP soal Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas dan Berkeadilan Jadi Kebijakan Pembangunan di Banten

Date:

BPKP memastikan akan mengawal isu-isu strategis yang menjadi kebijakan pembangunan di Provinsi Banten di antaranya soal soal pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkeadilan. FOTO ILUSTRASI : tommcifle.com.

Berita Banten – Pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkeadilan menjadi salah satu kebijakan pembangunan yang ditetapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dalam RKPD 2023.

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan atau BPKP menyatakan, pihaknya akan mengawal upaya pencapaian kegiatan Pemprov Banten melalui pengawasan internal yang berkualitas.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Utama BPKP RI, Ernandhi Sudarmanto saat mewakili Kepala BKPK RI, Muhammad Yusuf Ateh dalam acara pengukuhan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten, Farid Firman yang menggantikan R Bimo Gunung Abdulkadir di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Rabu, 11 Januari 2023.

“Provinsi Banten telah menetapkan kebijakan pembangunan dalam RKPD Tahun 2023 dengan mengangkat beberapa isu strategis yang relevan dengan pembangunan daerah di antaranya adalah pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkeadilan, kualitas dan daya saing sumber daya manusia, serta reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan,” kata Ernandhi dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemprov Banten.

“Atas isu-isu tersebut, kemudian diwujudkan dalam program dan kegiatan yang dibiayai dengan APBD sebagai instrumen penting untuk menggerakkan perekonomian daerah serta menangani beberapa masalah pembangunan. BPKP mengawal upaya pencapaian tujuan program atau kegiatan Pemerintah melalui pengawasan intern yang berkualitas,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Ernandhi memaparkan beberapa hasil pengawasan BPKP pada Pemerintah Daerah di Provinsi Banten antara lain maturitas SPIP di seluruh wilayah Provinsi Banten telah mencapai 3, dan nilai kapabilitas APIP telah mencapai 3.

“Substansi dari pencapaian ketiga hal ini, menurut kami adalah merupakan potensi akan suksesnya pencapai tujuan dan target Pemerintah Daerah di wilayah Provinsi Banten yang cukup tinggi,” ungkap Renandhi.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Deretan Program yang Sukses Membuat Angka Pengangguran di Kota Tangerang Turun

Berita Tangerang - Tingkat Pengangguran Terbuka atau TPT di...

Kata Kunci Penanganan Korupsi Menurut Al Muktabar

Berita Banten - Kata kunci penanganan korupsi adalah dengan...

Demi Kota Kelahiran, Dua Sosok Muda Ramaikan Bursa Pilkada Kota Tangerang 2024

Berita Tangerang - Dua sosok muda di Kota Tangerang,...