Produk UMKM Kabupaten Tangerang ‘Unjuk Gigi’ di Pameran Indonesia Maju Expo dan Forum 2024 Kemendagri

Date:

Produk UMKM Kabupaten Tangerang ‘unjuk gigi’ di Pameran Indonesia Maju Expo dan Forum 2024 Kemendagri. ILUSTRASI: Berbagai desain motif batik khas Kabupaten Tangerang tampil pada Fashion Show Wastra Nusantara Apkasi Otonomi Expo 2023 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Hall 3, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten, 20–22 Juli 2023.(FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Jakarta – Produk-produk UMKM binaan Dinas Koperasi Kabupaten Tangerang, seperti batik, fashion dan kerajinan dipamerkan di Pameran Indonesia Maju Expo dan Forum 2024 Kemendagri di Jakarta Convention Center (JCC) Kemayoran.

Pameran Indonesia Maju Expo Dan Forum 2024 dilaksanakan tanggal 4-7 Juli 2024 dengan mengusung tema “Pembangunan Berkualitas, Inovatif, dan Ramah Lingkungan”.

Memperluas Jaringan Bisnis

Penjabat atau Pj Bupati Tangerang, Andi Ony Prihartono menghadiri langsung pembukaan Pameran Indonesia Maju Expo Dan Forum 2024, Kamis, 4 Juli 2024.

Pada kesempatan tersebut, Andi Ony mengatakan, Pameran Indonesia Maju Expo Dan Forum 2024 merupakan ajang pameran offline berupa workshop, budaya, fashion, pesona tarian daerah, dan kuliner lokal dari seluruh nusantara.

“Pameran Indonesia Maju Expo Dan Forum 2024 ini  bertujuan untuk mengembangkan produk-produk lokal yang berkualitas, inovatif dan ramah lingkungan,” kata Andi Ony dilansir laman resmi Pemkab Tangerang.

Pemkab Tangerang, lanjutnya, mendukung pelaku usaha UMKM agar bisa maju, berkualitas dan bersaing. Ajang tersebut merupakan kesempatan yang sangat baik bagi UMKM di Kabupaten Tangerang untuk mengembangkan diri dan memperluas jaringan bisnis yang lebih luas.

“Ajang ini sangat bagus bagi pelaku UMKM kita untuk mengembangkan diri dan memperluas jaringan bisnisnya. Kita, melalui Dinas Koperasi Kabupaten Tangerang juga mengirimkan UMKM binaan yang memamerkan produk unggulan berupa batik, fashion dan kerajinan di JCC ini,” ujarnya.

Kegiatan Indonesia Maju Expo Dan Forum 2024, yang digelar Kementerian Dalam Negeri juga didukung beberapa kementerian seperti Kemenlu, Investasi BKPM, LKPP dan berbagai lembaga lainnya.

“Itu semua ditujukan kepada para pelaku usaha agar mereka bisa terus mengembangkan usahanya sebagai bagian dari perubahan menuju Indonesia yang lebih maju,” bebernya.

Direplika di Daerah

Direktur Ekonomi, Sosial dan Budaya Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Aang Witarsa mengatakan, Pameran Indonesia Maju Expo dan Forum 2024 tak hanya berfokus ke UMKM.

“Kegiatan Indonesia Maju ini bukan hanya berfokus pada UMKM saja, melainkan mencakup banyak hal seperti kebudayaan, sosial dan juga potensi ekonomi daerah yang dapat mendukung terwujudnya kemandirian daerah,” jelas Aang.

Dia berharap pemerintah daerah dapat mereplika kegiatan tersebut untuk dapat digelar di daerah yang disesuai dengan karakteristik dan potensi daerah masing-masing.

“Kami berharap kegiatan ini dapat dijadikan contoh dan selanjutnya direplika oleh pemerintah daerah untuk dapat menggelar kegiatan seperti ini yang disesuaikan dengan potensi dan karakter masing-masing daerahnya,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Penanganan Jangka Pendek dan Solusi Permanen Banjir di Kampung Cantiga Petir

Berita Tangerang - Sedikitnya tiga RW di Kampung Cantiga,...

Pj Wali Kota Tangerang Suarakan Dukungan Nyata bagi Palestina

Berita Tangerang - Penjabat atau Pj Wali Kota Tangerang,...

Sosok Sachrudin di Mata Perempuan Kota Tangerang; Bersahaja, Merakyat dan Dekat dengan Emak-emak

Berita Pilkada - Warga Kota Tangerang antusias menyambut pelaksanaan...

Survei Membuktikan, Mayoritas Pemilih Tolak Tawaran Uang di Pilkada Serentak 2024!

Berita Pilkada - Survei Populix membuktikan, jumlah pemilih yang...