Tak Sebagus Namanya, Program Sanitasi Berbasis Masyarakat Pemprov Banten Justru Malah Ganggu Warga Sukadame karena Bau

Date:

Kondisi bangunan Sanimas di Desa Sukadame, Kabupaten Pandeglang, yang dikeluhkan warga.(BantenHits.com/ Samsul Fatoni)

Pandeglang – Program Sanitasi Berbasis Masyarakat atau Sanimas yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Banten beberapa waktu lalu tentu bertujuan baik.

Namun, diduga karena buruknya perencanaan dan pelaksanaannya, program yang bertujuan bagus tersebut justru malah mengganggu warga karena menimbulkan bau tak sedap.

Hal tersebut dikeluhkan masyarakat di Kampung Ciupas, Desa Sukadame, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang.

Menurut mereka, kondisi bangunan Sanimas penampungannya bocor. Selain menimbulkan bau tidak sedap, kondisi itu dianggap akan menjadi sumber penyakit.

Penutup penampungan dan saluran limbah cair rumah tanga itu yang jebol sejak beberapa bulan lalu, hanya dibiarkan begitu saja. Meski sudah dilaporkan kepada pihak Desa Sukadame, namun belum ada penanhanan dari pihak terkait.

“Kejadiannya sudah lama, kami merasa tidak nyaman dengan kondisi bangunan itu. Karena menimbulkan bau tidak sedap, bahkan mengganggu juga terhadap kesehatan warga,” ungkap Suhanah, salah seorang warga sekitar, Selasa, 15 Februari 2022.

Apa lagi, kata dia, saat terjadi hujan, air dari penampungan bangunan itu meluap ke permukaan, sehingga bau kotoran menyengat dan menggangu terhadap kenyamanan warga sekitar.

“Kalau ada hujan, air dari saluran penampungan itu meluap ke permukaan. Sehingga bau tak sedang cukup menyengat,” katanya.

Kondisi septic tank yang merupakan bangunan Sanimas bantuan Pemprov Banten kerap luber dan menimbulkan bau. (BantenHits.com/ Samsul Fatoni)

Warga lainnya, Wiwin, juga mengeluhkan atas kondisi bangunan penampungan air limbah pada pembangunan Sanimas tersebut. Karena bau kotoran cukup menggangu terhadap kenyamanan warga.

“Bagaimana kami mau hidup sehat jika sarana Sanimas seperti itu (rusak, red). Kami hawatir jika tidak segera dibenahi dapat menimbulkan penyakit,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun BantenHits.com bahwa bangunan Sanimas tersebut merupakan program Bantuan Provinsi (Banprov) Banten, yang dibangun dua tahun lalu melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Desa Sukadame, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang.

Tujuan dibangunnya Sanimas tersebut, untuk menyediakan layanan sanitasi dasar yang akan meningkatkan kesehatan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Sanitasi dan Kebersihan. 

Program Sanimas itu juga untuk membantu mengatasi masalah-masalah kesehatan yang disebabkan oleh kebiasaan buang air besar sembarangan dan sanitasi yang buruk dengan menyediakan infrastruktur sanitasi berbasis masyarakat.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related