Petugas DKPP Tangerang Temukan Hewan Kurban Lemas dan Luka

Date:

Hewan Kurban di Kota Tangerang
Petugas saat memeriksa kesehatan hewan kurban yang dijual di salah satu lapak di Kota Tangerang. (Foto: Banten Hits/Maya Aulia)

angerang – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Tangerang bersama Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten memeriksa hewan kurban di sejumlah lapak pedagang, salah satunya di Jalan TMP Taruna, Selasa (14/8/2018).

Kepala DKPP Kota Tangerang Emed Mashuri mengatakan, terdapat beberapa kriteria hewan yang lolos pemeriksaan sesuai dengan persyaratan hewan kurban.

“Yang diperiksa tentang persyaratan kelayakan hewan kurban, karena ada ketentuan kalau domba sudah berusia 6 bulan ke 7. Kambing 1 tahun 13 bulan, sapi 2 tahun ke 13 bulan. Lalu gigi, sudah ganti gigi atau belum,” urainya.

Emed menyampaikan, dari 28 lapak hewan kurban yang disambangi, petugas belum menemukan adanya hewan kurban yang memiliki penyakit.

“Hanya ada beberapa hewan yakni sapi yang diikatnya terlalu kencang sehingga berdarah. Kemudian kambing yang lemas karena pengangkutan terlalu lama. Agar kondisinya pulih, kita sudah berikan vitamin dengan penyuntikan,” katanya.

Pihaknya meminta agar hewan kurban yang terluka maupun lemas dapat diberikan perawatan terlebih dahulu sebelum dijual.

“Kita minta agar pulih kan dulu baru dijual, lalu jujur juga dalam menjual. Pembeli juga harus teliti, memeriksa hewan apakah sesuai syarat dan sehat,” imbaunya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related