Dua Polres di Tangsel Siap Jerat Pelaku Politik Uang

Date:

Banten Hits – Dua Polres yang wilayah hukumnya ada di Kota Tangerang Selatan, yakni Polres Jakarta Selatan (meliputi Pamulang dan Ciputat) dan Polres Kota Tangerang (Serpong dan Pondok Aren), menyatakan siap untuk menjerat pelaku politik uang dalam Pilkada Kota Tangsel 9 Desember 2015 mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan dua Kapolres saat mengunjungi Kantor KPU Tangsel, di Jalan Buana Kencana, Kelurahan Rawa Buntu, Kecamatan Serpong, Jumat (7/8/2015).

“Pasti diproses, kalau memang terbukti bersalah pasti terkena sanksi sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” ungkap Kapolres Metro Jaksel Kombes Pol Wahyu Hadiningrat, saat ditemui seusai kunjungan tersebut.

Wahyu Hadiningrat mengatakan, dalam Undang-undang No 8 Tahun 2015 Tentang Pilkada menyebutkan, kalau ada yang kedapatan melakukan money politic atau politik uang, akan ditindak secara hukum yang berlaku. Terkait hal itu, kepolisian pun berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Pilkada (Panwaskada) setempat untuk mengkoordinasikan cara mengawasi, menangani, dan menindaklanjuti laporan tentang kasus tersebut. 

Sebenarnya, kata Wahyu, tak hanya soal politik uang saja yang bisa ditindaklanjuti di jalur hukum, melainkan ada beberapa pelanggaran lain yang bisa menyeret calon wali kota, wakil wali kota, ataupun timsesnya yang menghalalkan segala cara untuk menang.

“Banyak hal baru dalam aturan atau undang-undang pilkada ini, untuk apa saja, kami dari kepolisian harus mempelajari lebih lanjut lagi. Juga terus berkoordinasi dengan Panwaskada ataupun KPU,” tutur Wahyu.

Tak hanya soal pelanggaran, dalam kunjungannya yang juga ditemani Kapolresta Tangerang Kombes Pol Irman Sugema, Wahyu juga menyoroti soal pengamanan pilkada. Menurutnya Kedua Polres tersebut sudah turun tangan dalam hal pengamanan sejak tahapan hingga nanti pencoblosan. Sebab, di Kota Tangsel kawasan Ciputat, Ciputat Timur, dan Pamulang masih masuk otoritas pengamanan Polresnya.

“Kalau belajar dari pilkada sebelumnya dan terakhir itu kita lakukan Pileg dan Pemilihan Presiden, di ketiga kecamatan itu seluruh TPSnya aman terkendali. Prediksi serupa juga akan terjadi di Pilkada serentak nanti,” ujarnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Tok! KPU Tetapkan Airin-Benyamin Pemenang Pilkada Tangsel

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...

KPU Tangsel Siap Hadapi Sidang Gugatan Pilkada di MK

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang Selatan...

Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Tangsel, Ini Hasil Lengkapnya

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...

Pleno KPU Tangsel Akan Banyak Dihujani Interupsi?

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...