Connect with us

EKONOMI & BISNIS

Buka Job Fair, BNP2TKI: Qatar Negara Paling Diminati Para Pencari Kerja Asal Cilegon

Published

on

Banten Hits – Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon menggelar, Job Fair di Hall Joglo Sari kuring Indah (SKI) Cilegon, Selasa (24/11/2015).

Pantauan Banten Hits, Job Fair yang dibuka Pjs Walikota Cilegon Suyitno, langsung diserbu oleh para pencari kerja (pencaker) yang sudah menunggu berjam-jam di luar gedung. Satu persatu stand perusahaan penyalur tenaga kerja yang menjadi peserta Job Fair didatangi para pencaker.

Deputi KLN dan Promosi BPN2TKI Elia Rosaliana Sunityo, saat dikonfirmasi awak media mengatakan, Qatar menjadi negara yang paling diburu para pencaker yang datang ke stand perusahaan penyalur tenaga kerja.

BACA :  PHS BRI, Pedagang Bakso di Lebak Bawa Pulang Honda Mobilio

“Ada 10.000 lowongan kerja luar negeri dengan 12 negera tujuan, mulai dari Asia hingga Timur Tengah, tapi yang menjadi favorit para pencaker adalah lowongan kerja di Qatar,” kata Elia.

Selain menekan angka pengangguran, Elia mengatakan jika penyelenggaraan Job Fair merupakan upaya untuk meminimalisir penyaluran tenaga kerja ke luar negeri melalui penyalur ilegal.

“Perusahaan penyalur tenaga kerja ke luar negeri yang menjadi peserta dalam Job Fair ini adalah perusahaan yang resmi ditunjuk langsung oleh perusahaan di luar negeri yang membuka lowongan pekerjaan,” terangnya.

Sementara itu, Alwan salah seorang pencaker mengaku, penyelenggaraan Job Fair sangat membantu dirinya dan pencaker lainnya yang mempunyai keinginan untuk mengadu nasib di luar negeri. Pasalnya, sulitnya mendapat pekerjaan di dalam negeri menjadi pilihan ia dan sebagaian orang lainnya untuk berangkat ke negeri orang.

BACA :  Soal Penolakan Alat Berat Proyek Geothermal Oleh Warga Padarincang, Begini Kata PT SBG

“Cari kerja di Indonesia sudah susah, saya akan coba melamar di luar negri. Untung ada event seperti ini, jadi kita (pencaker-red) enggak kesulitan dapat informasi lowongan kerja di luar negeri,” imbuhnya. (Nda)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler