Pemkab Tangerang Akan Kenalkan Batik Khas Daerah

Date:

Banten Hits – Seluruh Pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang diwajibkan mengenakan batik khas daerah Kabupaten Tangerang pada puncak perayaan HUT Kabupaten Tangerang Tahun 2015.

Ya, kami ingin pada HUT Kabupaten Tangerang nanti seluruh pegawai berpakaian seragam dan diwajibkan berpakaian batik khas daerah Kabupaten Tangerang. Kami ingin masyarakat mengenal budaya dan sejarah Kabupaten Tangerang yang dituangkan lewat corak batik,” kata Syaifullah Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Tangerang, Jumat (4/12/2015).

Tujuan penggunaan batik seragam oleh para pegawai juga bagian dari mengembangkan baju batik di kalangan masyarakat. Terlebih, agar batik khas Kabupaten Tangerang tersebut populer dan dikenakan oleh masyarakat luar daerah.

“Ada ciri khas tersendiri yang membedakan masyarakat satu dengan lainnya. Bahkan kalau perlu orang-orang dari luar negeri turut mengenakan pakaian batik khas daerah kami,” ujarnya.

Syaifullah menjelaskan, dalam menentukan corak batik sudah melalui proses yang cukup panjang, yakni dengan cara mengumpulkan seluruh motif batik dari seluruh Kecamatan dengan cara menggelar ajang perlombaan batik yang dilakukan oleh Pemkab Tangerang.

“Dari 10 corak gambar terbaik itu nanti dilebur menjadi satu motif batik kebanggaan yang nanti akan digunakan pada perayaan ulang tahun Kabupaten Tangerang. Untuk menentukannya, kami juga panggil seorang desainer supaya bisa membedakan yang mana lukisan dan yang mana motif batik. Setelah perayaan ulang tahun barulah akan kami patenkan batik tersebut menjadi batik khas daerah,” paparnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...