Siapkan 7 Studi Kelayakan, Pemkot Tangsel Akan Bangun Rumah Sakit Baru

Date:

Banten Hits – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) akan membangun Rumah Sakit baru. Saat ini, Kota yang dipimpin Airin Rachmi Diany tersebut baru memiliki satu unit Rumah Sakit Umum Daerah di Pamulang dan 22 Rumah Sakit swasta.

Pembangunan Rumah Sakit tersebut melihat semakin besarnya tuntutan pelayanan kesehatan masyarakat yang mengharapkan pelayanan yang cepat, nyaman, efisien, dan efektif, serta masih banyaknya jumlah masyarakat yang belum terlayani masalah kesehatannya.

Namun, sebelum pembangunan dimulai, Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat akan membuat feasibility study (FS) alias studi kelayakannya terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan, untuk melihat sejauh mana kelayakan pembangunan Rumah Sakit di tujuh Kecamatan.

“Tahun ini, sebanyak 7 FS dibuat dengan anggaran sebesar Rp500 juta,” kata Kepala Dinkes Tangsel, Suharno, Selasa (2/2/2016).

Studi kelayakan tersebut untuk memberikan kemudahan pelayanan di wilayah Pondok Aren dan Serpong Utara. Sehingga hasilnya, akan dibangun kembali Rumah Sakit.

“FS ini dibuat untuk melihat kelayakan pembangunan di masing-masing wilayah, tapi untuk di Pondok Aren akan dibangun Rumah Sakit. Lokasinya, masih mencari lahan,” ujarnya.

Menurutnya, pelayanan kesehatan oleh Pemerintah kepada masyarakat menjadi salah satu hal penting. Untuk mewujudkan hal itu, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan atau secara kuantitas dengan menambah sarana kesehatan seperti Rumah Sakit sebagai fasilitas kesehatan yang memadai dan representatif.

Sementara itu, Kepala Bidang Promosi Kesehatan Dinkes Tangsel Iin Sofiwati menjelaskan, setelah membuat FS, Dinkes akan membuat Detail Engineering Design (DED).

“Jika dinyatakan layak untuk pembangunan Rumah Sakit, maka akan dilanjut dengan pembuatan DED, tahun depannya baru pembangunan, kemungkinan di 2017,” terangnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related