Samsat Malingping Optimis Target Rp13 Miliar Tercapai

Date:

Banten Hits – Dua pekan jelang akhir tahun, Unit Pelaksana Teknis DPPKD (Samsat) Malingping bertekad mengejar target pendapatan dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Salah satunya, dengan menyasar para pemilik kendaraan yang belum membayar pajak kendaraannya.

Bekerja sama dengan Satlantas Polres Lebak, dan Jasa Raharja Cabang Banten, Samsat menggelar razia kendaraan di Gunung Batu, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak. Tak hanya menyasar para penunggak pajak, razia juga sekaligus mensosialisasikan keselamatan berkendara di jalan raya.

Kepala UPT DPPKD Malingping, Iwan Hermawan optimis, target penerimaan pajak pada tahun 2016 bisa terpenuhi. Dari total target pajak yang harus ditarik Rp13.235.391.000, sampai kemarin seudah terealisasi Rp12.598.783.700 atau mencapai 95,43 persen.

“Optimisme kami tidak hanya berkaca pada pengalaman tahun lalu saja. Tapi, kami juga terus berupaya mengejar target,” kata Iwan.

Terkait dengan penghapusan denda keterlambatan PKB, hingga 31 Desember 2016 kebijakan tersebut masih berlaku.

“Ini masih ada kesempatan bagi warga yang menunggak untuk mendapatkan fasilitas itu. Silakan dimanfaatkan,” imbaunya.

“Ini adalah kelanjutan dari kegiatan door to door penagihan langsung kepada wajib pajak seminggu yang lalu,” kata Kasi PKB dan BBNKB, Verry Junanta, Kamis (15/12/2016).

Upaya menggenjot pajak terus dilakukan karena hingga saat ini masih ada sekitar 25 persen dari total kendaraan belum memenuhi kewajiban membayar pajak. Ada banyak faktor, salah satunya ketidaktahuan masyarakat tentang pentingnya membayar pajak.

Sementara itu, Pelaksana Administrasi Samsat Malingping bagian Jasa Raharja, Wildan Hidayatullah menerangkan, kesadaran masyarakat untuk membayar pajak sama halnya dengan ikut membayar Sumbangan wajib Dana kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang menjamin korban kecelakaan.

“Tapi, walaupun ada santunan kami imbau masyarakat tetap memperhatikan keselamatan berkendara di jalanraya,” harapnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related