Connect with us

SENI & BUDAYA

Festival Silat Kaserangan Meriahkan Anyer Krakatau Culture Festival  

Published

on

Pemkab Serang ketika menyelenggarakan Festival Silat Kaserangan di tahun sebelumnya. (Istimewa).

Serang-  Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) sukses menyodorkan berbagai kemeriahan. Acara yang digagas untuk membangkitkan gairah pantai Anyer usai diterjang tsunami diisi oleh sejumlah kegiatan yang layak untuk diikuti.

Dilaksanakan sejak Maret 2019, AKCF sukses mencuri perhatian warga Pemkab Serang dan seluruh masyarakat Banten. Dalam waktu dekat, Selasa, 16 Juli 2019 warga Kabupaten Serang akan kembali menyaksikan bagaimana keseruan Festival Silat Kaserangan.

Festival yang akan di selenggarakan di Pantai Pal Anyer, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan AKCF. Festival ini sudah empat kali dilaksanakan.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang Beni Kusnandar menjelaskan, jurus Silat Kaserangan digagas langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, diciptakan 13 sesepuh pendekar dari 12 paguron di Kabupaten Serang.

“Jurus ini sudah diajarkan di seratus lebih paguron di Kabupaten Serang,” kata Beni dalam keterangan pers yang diterima bantenhits Kamis 4 Juli 2019.

Jurus Silat Kaserangan ini sudah menjadi pelajaran muatan lokal (mulok) di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

“Jurus ini digagas dalam rangka memperkuat persatuan antar paguron. Setiap aliran silat tentu punya khas berbeda, tetapi dipadukan dalam jurus Silat Kaserangan,” ujar Beni.

Festival Jurus Silat Kaserangan, kata Beni, memperebutkan Piala Bupati Serang dan sudah memasuki tahun keempat.

“Jurus silat ini ditargetkan bisa mendunia. Bahkan saat ini rutin ditampilkan di objek wisata Tasikardi setiap Minggu sore,”ungkapnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang Hamdani mengungkapkan, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah telah berkomitmen untuk terus membangkitkan wisata Pantai Anyer dan Cinangka pasca tsunami Selat Sunda akhir tahun lalu. Sebagai andalan promosi, Pemkab Serang menggelar rangkaian event Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF).

Event rutin AKCF sudah memasuki tahun ketiga sejak dimulai pada 2017. Setiap tahun, selalu ada rangkaian event yang berbeda untuk menarik wisatawan untuk datang, terutama para komunitas. Terbaru dan sudah dilaksanakan, yakni Lomba Burung Berkicau dan Fun Bike Sejabat yang telah digelar akhir Maret lalu.

Kemudian Festival Silat Kaserangan Serang. Gemarikan, Beach Clean Up, Color Fun Run, Ngagurah Dano, Lomba Mancing Selat Sunda, Anyer Krakatau Bike Festival, dan Anyer Krakatau Adventure Destination.

“Direncanakan, pada Oktober seiring dengan hari jadi Kabupaten Serang, ada AKCF Surfing Competition, Pameran UMKM, dan Festival Bedol Pamarayan,” ungkap Hamdani.

AKCF telah mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata. Bahkan, kata Hamdani, Bupati Serang sudah memaparkan rangkaian AKCF 2019 kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya.

“Insya Allah, kami yakin Anyer akan bangkit dan dunia pariwisata di Kabupaten Serang akan maju,” tegasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending