Connect with us

Berita Terbaru

Melirik Simulasi Pemilihan dan Pemungutan Suara Pilkada Kota Cilegon saat Pandemi Covid-19

Published

on

KPU Cilegon saat menggelar simulasi pemilihan, pemungutan dan rekapitulasi suara. (BantenHits.com/Iyus Lesmana)

Cilegon- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon menggelar simulasi pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara Pemilihan Wali kota dan Wakil Wali kota Cilegon 2020.

Berlangsung di Taman Kota Kecamatan Cilegon, proses simulasi menerapkan protokol kesehatan ketat.

Diketahui, Pesta demokrasi lima tahunan ini akan berlangsung di tengah Pandemi Covid-19.

Komisoner KPU Kota Cilegon Eli Jumaeli mengatakan simulasi ini bertujuan untuk mengatahui persiapan penyelenggara setingkat Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dan kepemahaman warga yang mempunyai hak pilih.

“Simulasi ini dalam rangka memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat secara umum dan khususnya bagi penyelenggara baik PPK, PPS dan terutama KPPS tentang bagaimana gambaran pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di tengah pandemi Covid-19,”kata Eli kepada awak media, Sabtu, 21 November 2020.

BACA :  Warga Bojongmanik Geger, Ada Ayah Cabuli Dua Anaknya hingga Hamil

“Kemudian dengan adanya kegiatan ini juga kita setidaknya bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemilih yang datang ke TPS dengan menerapkan protokol kesehatan Covid -19,”tambahnya.

Eli menegaskan akan melaksanakan evaluasi untuk mengoptimalkan proses pemilihan, pemungutan dan rekapitulasi suara sehingga meminimalisir terjadinya kerumunan massa.

“Dari mulai pemilih datang semua kita atur supaya tidak terjadi penumpukan di TPS. Kemudian ketika mengantri juga mereka harus berjarak satu meter, wajib mencuci tangan, pakai masker dan menggunakan sarung tangan,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler