Ponpes Al-Jauhariyah Diduga Tercemar Limbah B3, Tiga Perusahaan di Serang Akan Bikin Turap

Date:

Pemandangan Limbah B3 di Al-Jauhariyah Kampung Cibeureum, Desa Cikande, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang (BantenHits/Mursyid Arifin)

Serang – Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Jauhariyah terdampak limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) perusahaan yang diduga mengalir di sungai Cidurian.

Aktivitas Ponpes yang terletak di Kampung Cibeureum, Desa Cikande, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, ini terganggu akibat limbah tersebut berserakan gegara terbawa banjir pekan lalu.

Ponpes yang dipimpin Ustadz Ade Kurniawan ini, lokasinya memang berdekatan dengan perusahaan kimia, seperti PT. Frans Putra Textile, PT. Sari Daya Plasindo, dan PT Tesika Cikande.

Humas PT. Frans Putera Textile, Muhayat mengatakan, perusahaan tempat ia bekerja beserta dua perusahaan lainya seperti PT. Sari Daya Plasindo dan PT. Tesika Cikande akan memperbaiki saluran yang tergerus air dengan membuat turap di sepanjang aliran dan pemadatan area yang tergenang.

Hal itu, menurutnya sebagai upaya pihak perusahaan untuk meminimalisir terjadinya banjir akibat luapan air Cidurian yang disertai air limbah B3 di lingkungan Ponpes.

“Tiga perusahaan bersedia memberikan kompensasi kesehatan buat para korban, dan akan memperbaiki saluran yang tergerus air dengan membuat turap sepanjang aliran dan pemadatan area yang tergenang,” kata Muhayat saat dikonfirmasi wartawan BantenHits.com, Jum’at, 12 Februari 2021.

Muhayat mengaku, PT Frans Putera Textile dan dua rekanan perusahaannya sejauh ini sudah bersinergi dengan baik antara Pemerintah Desa Cikande, Muspika Cikande serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Banten.

“Kami telah bersinergi dengan pihak-pihak terkait antara lain, PT Tesik, PT Frans Putera Textile dan PT SDP juga instansi Pemerintah Desa, Muspika dan DLH Provinsi Banten,” singkatnya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jajaki Koalisi untuk Banten yang Lebih Baik, Dua Perempuan Nakhoda Partai Besar Gelar Pertemuan di Tanggal Cantik

Berita Banten - Penjajakan koalisi untuk menghadapi Pilkada Serentak...

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...