Blak-blakan Kepala Desa di Labuan yang Tak Realisasikan Tiga Kegiatan Fisik; Duit DD Dipakai Dulu

Date:

PENYELEWENGAN DANA DESA PULO PANJANG CILEGON Dana Desa di Kabupaten Serang Rp 120 M Pada 2019 Akan Disalurkan Melalui BPR
Ilustrasi Dana Desa. (Istimewa).

Pandeglang – Carut – marut pengelolaan dana desa di wilayah Kecamatan Labuan, Pandeglang, nampaknya tidak hanya terjadi di Desa Banyubiru, akan tetapi persoalan serupa pun terjadi di Desa Sukamaju.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, meski dana desa (DD) tahap II 2021 di Desa Sukamaju sudah dicairkan, akan tetapi pembangunannya belum juga dilaksanakan.

Pembangunan yang didanai oleh DD yakni, pembangunan jalan paving block dua titik dan saluran drainase.

Kepala Desa Sukamaju, Ucu Suhandi blak-blakan mengakui bahwa uang untuk pembangunan tiga kegiatan tersebut dipakai dulu.

“Ges tadi tea ceuk urang ges teu kudu dibejakan (Sudah tadi itu kata saya tak perlu diceritakan). Yang penting nanti pekerjaan beres. (Dana Desa) Geus dipake heula urang mah jujur bae (kepake dulu, saya mah jujur aja),” kata Kades sambil ketawa, Senin 25 Oktober 2021.

Dia mengakui, tiga kegiatan fisik yang didanai dari dana desa tahap II memang belum dilaksanakan. Ia beralasan, realisasi anggaran tahap II akan dilakukan pada saat memulai pengajuan DD tahap III 2031.

“Memang belum dilaksanakan pembangunan nya. Tapi yang terpenting ketika akan mengajukan dana desa tahap III pekerjaan sudah selesai semua,” ungkapnya.

Bahkah Kades pun mengaku, persoalan itu juga sudah disampaikan kepada tim monitoring dan evaluasi (monev) Kecamatan Labuan.

“Sudah tahu tim monev juga,” ucapnya.

Saat ditegaskan kembali, kapan pembangunan yang didanai dari DD tahap II 2021 akan dilaksanakan. Kades kembali mengaku, kalau pengajuan DD tahap III 2021 kan sekitar bulan Desember. Paling target pengerjaan DD tahap II diselesaikan bulan November 2021.

“Bulan November juga akan diselesaikan. Karena untuk bisa mengajukan DD tahap III harus selesai dulu tahap II. Jadi saya jamin sebelum pengajuan dana tahap selanjutnya, program di tahap II ini akan diselesaikan,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jajaki Koalisi untuk Banten yang Lebih Baik, Dua Perempuan Nakhoda Partai Besar Gelar Pertemuan di Tanggal Cantik

Berita Banten - Penjajakan koalisi untuk menghadapi Pilkada Serentak...

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...