Connect with us

Berita Terbaru

Mantan Panglima TNI Masuk, Mafia Tanah Angkat Kaki Lalu Empat Pejabat Jadi Tersangka

Published

on

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjano (tengah) menegaskan akan menindak tegas mafia tanah. (Agung Pambudhy/detikcom)

Jakarta- Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto berkomitmen memberantas keberadaan mafia tanah yang meresahkan masyarakat.

Dia tidak segan akan menindak seluruh anak buahnya yang berkolaborasi dengan mafia tanah.

Teranyar, satu bulan menjabat sebagai Menteri terdapat belasan orang dari lingkungan Badan Pertanahan Nasional (BPN) ditetapkan sebagai tersangka kasus mafia tanah di Jakarta dan Bekasi. Bahkan, enam orang di antaranya merupakan pejabat aktif di BPN.

Dikutip Bantenhits dari Detikcom, sejauh ini tim gabungan Satgas Antimafia Tanah di Kementerian ATR/BPN dan Polda Metro Jaya telah menangkap 30 tersangka. 13 di antaranya dari lingkungan BPN.

BACA :  Demo di UIN SMH Banten Mencekam; Mahasiswa dan Polisi 'Perang' Petasan dan Gas Air Mata

Dalam kesempatan jumpa pers di Polda Metro Jaya, Senin (18/7/2022), Menteri Hadi Tjahjanto mengingatkan soal mafia tanah yang merajalela. Oleh karena itu, mantan Panglima TNI ini meminta jajarannya agar memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Kita ketahui bersama, mafia tanah ada di mana-mana. Untuk itu saya perintahkan jajaran Kakantah/Kakanwil agar tak main-main dalam mengemban amanah yang diberikan oleh negara kepada kita. Sadarlah, rakyat butuh pelayanan kita dan butuh kenyamanan dan rasa aman,” jelas Menteri Hadi Tjahjanto dikutip dari Detikcom.

Hadi mengatakan pihaknya berkomitmen memberantas mafia tanah. Hadi Tjahjanto tidak ingin warga yang memiliki hak atas tanahnya harus kehilangan tanahnya akibat ulah mafia tanah.

BACA :  Pria di Cimuncang Kota Serang Ditangkap Bawa Tembakau Gorilla, Pas Diinterogasi Pengakuannya Klasik Banget

“Kita tidak ingin mendengar ada rakyat yang miliki tanah sah tiba-tiba satu saat datang bulldozer harus digusur. Apabila ini perbuatan mafia tanah maka komitmen kami, kementerian, Polri, badan peradilan termasuk pemda akan bersinergi menyelesaikan masalah ini. Empat pilar kita bangun untuk berantas mafia tanah,” tegas Hadi

Hadi Tjahjanto menegaskan jajarannya dan tim Satgas Antimafia Tanah serius menindak tegas mafia tanah hingga ke akar-akarnya. Bersih-bersih Menteri Hadi dilakukan untuk menjaga kinerja seluruh pejabat di lingkungan ATR/BPN.

“Keseriusan dalam memberantas mafia tanah sampai ke akar-akarnya adalah perintah presiden. Oleh sebab itu jadi komitmen kita bersama dan akan terus kita lakukan baik di kementerian yang menjadi dalam satu amanah bagi seluruh pejabat ATR/BPN di bidang pertanahan,” katanya.

BACA :  Program Pemulihan Ekonomi Nasional Mendukung UMKM di Masa Pandemi

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler