Terbanyak di Indonesia, Kota Tangerang Miliki 412 Kampung Iklim Binaan

Date:

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah memberikan Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Nasional Tahun 2022 kepada 10 RW Kampung Iklim Kategori Utama dan Kategori Madya.(Foto: tangerangkota.go.id)

Tangerang – Kota Tangerang saat ini telah memiliki 412 Kampung Iklim Binaan. Jumlah tersebut menempatkan Kota Tangerang sebagai kota terbanyak yang memiliki Kampung Iklim Binaan di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah saat memimpin apel pagi di Plaza Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin, 7 November 2022.

“Nyaman bukan hanya bersih tapi juga sehat dan tentunya berkelanjutan,” kata Arief melalui keterangan resmi.

“Dan Alhamdulillah sudah ada 412 kampung iklim binaan di Kota Tangerang ini dan merupakan yang terbanyak di Indonesia,” sambungnya.

Lebih lanjut, Arief berpesan kepada seluruh peserta apel yang yang terdiri dari para kepala OPD serta camat lurah dan seluruh jajaran pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang untuk berperan aktif dan berpartisipasi dalam membangun dan mengembangkan kampung iklim di Kota Tangerang.

“Agar semua masyarakat di Kota Tangerang dapat merasakan manfaat dan kenyamanan sebagai warga Kota Tangerang,” ucapnya.

“Karena masyarakat kita hidupnya mulai dari kampung sehingga cita-cita kita mewujudkan kota yang layak huni ini harus kita bangun mulai dari kampung-kampung,” lanjutnya.

Serahkan Penghargaan

Dalam Apel Senin pagi itu, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang memberikan Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Nasional Tahun 2022 kepada 10 RW Kampung Iklim Kategori Utama dan Kategori Madya.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wali Kota Tangerang. Dalam kesempatan itu,Arief memberikan apresiasi kepada para penerima penghargaan dan menyebut mereka sebagai agen perubahan yang telah ikut menjaga lingkungan di Kota Tangerang.

“Pagi ini kita telah menyaksikan agen-agen perubahan yang telah berjasa menjaga keberlanjutan lingkungan di Kota Tangerang,” ungkap Arief.

“Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk lebih menjaga lingkungan kita agar masyarakat makin nyaman untuk tinggal di kampung kita di Kota Tangerang,” harapnya.

Arief menambahkan, tujuan dari pembinaan kampung iklim adalah untuk menciptakan lingkungan tempat tinggal yang nyaman dan dapat beradaptasi terhadap perubahan iklim.

Untuk diketahui, kesepuluh RW Kampung Iklim penerima penghargaan tersebut terdiri dari 3 RW Kampung iklim Kategori Utama dan 7 RW Kampung Iklim Kategori Madya.

3 RW Kampung Iklim yang memperoleh penghargaan Kategori Utama adalah RW 03 Kelurahan Panunggangan Utara Kecamatan Pinang, RW 06 Kelurahan Gandasari Kecamatan Jatiuwung dan RW 09 Kelurahan Gerendeng Kecamatan Karawaci.

Sedangkan 7 RW Kampung Iklim penerima penghargaan Kategori Madya adalah RW 03 Kelurahan Sukajadi Kecamatan Karawaci, RW 01 Kelurahan Karawaci Kecamatan Karawaci, RW 06 Kelurahan Pinang Kecamatan Pinang, RW 02, RW 02 Kelurahan Kunciran Indah Kecamatan Pinang, RW 01 Kelurahan Sudimara Pinang Kecamatan Pinang, RW 03 Kelurahan Cipadu Jaya Kecamatan Larangan dan RW 07 Kelurahan Batuceper Kecamatan Batuceper.

Selain menerima Piagam Penghargaan, masing-masing RW Kampung Iklim tersebut juga menerima apresiasi dari Pemkot Tangerang berupa uang tunai sebesar Rp 8 Juta serta Sertifikat Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...