Sederet Jurus PMI Kota Tangerang Antisipasi Penurunan Stok Darah saat Bulan Puasa

Date:

Ilustrasi stok kantong darah. (FOTO: republika.co.id)

Berita Kota Tangerang – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang menyiapkan sederet jurus untuk mengantisipasi penurunan stok darah saat bulan ramadhan. Ya, sejumlah kegiatan pun dilaksanakan.

Diketahui, informasi yang berkembang di masyarakat jika donor pada saat puasa dapat membatalkan puasa dan tubuh jadi lemas.

Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan mengatakan, untuk mengantisipasi penurunan stok darah pada bulan ramadhan, PMI akan bekerjasama dengan sejumlah pihak di wilayah Kota Tangerang

Di antaranya rutin menggelar kegiatan donor darah di kecamatan-kecamatan, instansi pemerintah termasuk sejumlah pihak swasta yang telah bekerjasama sebelumnya.

“Kami juga punya dua unit mobil keliling yang rutin mengadakan donor darah di dua mal yang telah bekerjasama,” ujar Ade Kurniawan saat ditemui di Markas PMI Kota Tangerang, Kamis 23 Febuari 2023.

Ade Kurniawan menambahkan dari informasi yang diperolehnya bahwa donor darah pada saat puasa itu tidak membatalkan puasa. Untuk itu pihaknya akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat terkait hal tersebut.

Tidak hanya itu, lanjut Ade, PMI Kota Tangerang pun siap melaksanakan kegiatan donor darah pada sore atau malam hari saat bulan puasa. Seperti di mall-mall atau di pusat-pusat kegiatan ibadah.

“untuk stok darah di PMI Kota Tangerang saat ini terpantau aman berada di kisaran 1.500 kantong darah. Sedangkan untuk kebutuhan darah per hari rata-rata 250-300 kantong dan angka pemasukan rata-rata 200-250 kantong per hari,” jelasnya.

Editor: Fariz Abdullah

 

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...