Siap-siap! Dua Tahun Lagi Bakal Muncul Penampakan Pasar Kutabumi yang Modern

Date:

Siap-siap! Dua tahun lagi bakal muncul penampakan Pasar Kutabumi yang modern. Dalam waktu dekat, Pemkab Tangerang akan melakukan revitalisasi Pasar Kutabumi. ILUSTRASI: Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat meninjau harga sembako di Pasar Modern Sinpasa, Kelapa Dua. (FOTO: Dok. BantenHits.com)

Berita Tangerang – Harapan warga di sekitar Kelurahan Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang yang menginginkan Pasar Kutabumi menjadi pasar yang aman dan nyaman akan segera terwujud.

Dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Tangerang akan segera melakukan revitalisasi Pasar Kutabumi sehingga pasar tersebut menjadi lebih modern yang punya kualitas dan layak untuk ditempati, baik oleh pedagang ataupun pembeli.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat meresmikan Tempat Penampungan Pedagang Sementara (TPPS) Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Jumat, 21 Juli 2023.

“Ini didesain untuk tempat penampungan sementara dengan durasi kurang lebih dua tahun, selama pembangunan. Setelah itu, para pedagang di sini akan dipindahkan ke pasar yang sudah direvitalisasi,” kata Zaki melalui keterangan resmi.

“Revitalisasi ini harus segera kita lakukan karena lingkungan di Kecamatan Pasar Kemis ini sudah sangat padat. Pasar yang dibutuhkan adalah pasar modern yang punya kualitas dan layak untuk ditempati, baik oleh pedagang ataupun pembeli,” sambungnya.

Zaki mengimbau kepada seluruh masyarakat sekitar untuk mendukung revitalisasi Pasar Kutabumi yang merupakan aset Pemkab Tangerang yang memang telah dikelola oleh Perumda Pasar Niaga Kerta Raharja (NKR).

“Tentu saja ini menjadi bagian aset kepemilikan dari pemerintah daerah yang harus dikelola dengan transparan dan baik. Mari kita dukung revitalisasi Pasar Kutabumi Kecamatan Pasar Kemis karena ini merupakan aset pemerintah,” tuturnya.

Sementara itu, Dirut Perumda Pasar NKR, Finny Widiyanti mengungkapkan, proses pengerjaan akhir TPPS tersebut membutuhkan waktu dua minggu sehingga siap digunakan pada Agustus.

“Di lokasi ini menampung kurang lebih 590 pedagang dan di dalamnya itu semua kita fasilitasi, termasuk PKL yang di depan kita fasilitasi di sini semua,” ungkap Finny.

Menurut Finny, peresmian dan penandatanganan kesepakatan bersama TPPS tersebut merupakan upaya screening terakhir Perumda Pasar NKR. Dia berharap para pedagang memiliki ruang dagang di TPPS tersebut setelah dilakukan verifikasi dan mengikuti aturan dari Perumda Pasar NKR.

“Alhamdulillah setelah ini nanti, kami akan menandatangani nota kesepahaman bahwa lahan ini nanti setelah selesai digunakan untuk penampungam kira-kira 2 tahun, maka kita memohon kepada pemilik lahan tidak boleh dipergunakan untuk pasar yang sejenis,” ucapnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...