Raih Detik Award, Wali Kota Tangerang Dinilai Sukses Wujudkan Transformasi Digital Pelayanan Publik

Date:

Wali kota Tangerang, Arief R. Wismansyah meraih Detik Award setelah dinilai sukses mewujudkan transformasi diigital pelayanan publik. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dinilai sukses mewujudkan transformasi digital pelayanan publik, sehingga mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses layanan publik yang cepat dan transparan.

Atas upayanya tersebut, Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah menerima penghargaan Detik Award dari Media Online Nasional Detik.com. Penghargaan diberikan langsung Wakil Pemimpin Redaksi (Wapimred) Detik.com, Elvan Dani kepada Arief R. Wismansyah di Hotel Westin Jakarta Pusat, Kamis, 21 September 2023.

Wujudkan Terobosan Kreatif

Dalam sambutannya sebelum memberikan penghargaan, Elvan Dani menilai Pemkot Tangerang telah berhasil mewujudkan terobosan yang kreatif yang berdampak masif melalui inovasi teknologi digital yang memudahkan masyarakat perkotaan.

“Otonomi daerah telah menjadikan Pemerintah Daerah sebagai ujung tombak pembangunan nasional. Otonomi Daerah juga diharapkan bisa mewujudkan keadilan dan kemakmuran rakyat yang merata,” kata Elvan dilansir keterangan resmi Pemkot Tangerang..

Untuk mewujudkan hal itu, lanjutnya, diperlukan langkah kreatif dari pemerintah daerah untuk mewujudkan terobosan yang kreatif dan berdampak masif seperti inovasi teknologi digital yang memudahkan masyarakat perkotaan.

“Untuk kategori Pemerintah Kota Unggul dalam digitalisasi tata kota diberikan kepada Pemkot Tangerang,” papar Elvan.

Selain itu, Arief juga dinilai telah berhasil membawa Kota Tangerang dalam penguatan penerapan Smart City, bahkan masuk menjadi salah satu pionir pengembangan smart city di Indonesia.

“Di bawah kepemimpinan Wali Kota Tangerang, H. Arief R .Wismansyah, transformasi digital di Kota Tangerang baik dalam rangka penguatan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik-SPBE/e-government, maupun implementasi konsep smart city terus dipacu,” ungkapnya.

“Pemkot Tangerang merupakan salah satu pionir dalam penerapan konsep Smart City (Kota Cerdas) dalam program Gerakan Menuju 100 Smart City di Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia,” sambungnya.

Berorientasi Pemenuhan Layanan Masyarakat

Sementara itu, Arief R. Wismansyah, memaparkan, pengembangan smart city di Kota Tangerang berorientasi pada pemenuhan layanan kepada masyarakat, sehingga tidak heran bila sampai saat ini banyak sekali aplikasi yang telah dibangun oleh Pemkot Tangerang dalam rangka menyelesaikan setiap tantangan dan persoalan yang ada di masyarakat.

“Kami telah bangun dua super aplikasi yaitu Aplikasi Tangerang Live yang berisi berbagai aplikasi Layanan Publik untuk masyarakat mulai dari layanan aduan dan juga job fair. Kemudian juga ada Aplikasi Egovernment untuk aplikasi internal Pemkot,” jelasnya.

Terkait penghargaan yang diberikan, Arief, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkolaborasi untuk membangun Smart City di Kota Tangerang.

“Syukur alhamdulilah, kami ucapkan terima kasih kepada detik.com yang telah memberikan penghargaan, mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi Pemkot Tangerang untuk melayani masyarakat Kota Tangerang dengan berbagai inovasi dan kemudahannya, dan mudah-mudahan terus ada terobosan baru,” ujarnya.

Sebagai informasi, Pemkot Tangerang telah membangun dan mengintegrasikan 213 aplikasi untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Dan ada dua Super Aplikasi yaitu Tangerang Live untuk layanan masyarakat dan Egovernment untuk Internal Pegawai.

Untuk Aplikasi Tangerang Live sendiri sudah diunduh oleh 1.062.235 pengguna dan sudah direplikasi oleh 38 kabupaten/kota se-Indonesia.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Akan Gelar Bursa Kerja Khusus

Berita Serang – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau...

Harga Beras hingga Cabai Rawit di Banten Stabil, Ini Rahasianya!

Berita Banten - Harga 20 komoditi pokok di Banten...