Hujan Mulai Basahi Bumi Banten, Pemprov Bersiap Percepat Musim Tanam Padi

Date:

Pemerintah Provinsi atau Pemprov Banten bersiap untuk mempercepat musim tanam padi menyusul hujan yang sudah mulai turun. ILUSTRASI: Pj Gubernur Banten, Al Muktabar saat panen raya padi. (FOTO: bantenprov.go.id)

Berita Banten – Pemerintah Provinsi atau Pemprov Banten bersiap untuk mempercepat musim tanam padi seiring mulai turunnya hujan di provinsi berjuluk Seribu Kiai dan Sejuta Santri ini.

Pada November 2023 ini Pemerintah Provinsi Banten menargetkan tanam padi untuk seluruh wilayah Provinsi Banten sebesar 34.562 Ha. Sedangkan untuk target bulan Desember sebesar 44.429 ha.

Diketahui, pada November 2023 ini dari luas panen yang mencapai 19.132 hektare (ha), Pemprov Banten menargetkan produksi padi untuk November sebesar 101.477 ton gabah kering giling (GKG) atau 64.164 ton beras.

Dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemprov Banten, untuk mendukung capaian target panen padi dan percepatan tanam tersebut, Pemprov Provinsi Banten memberikan bantuan benih dan pupuk kepada para petani.

Penyaluran bantuan benih padi telah dilaksanakan pada Target Gerakan Nasional Antisipasi Elnino dengan melaksanakan percepatan tanam di bulan September sebanyak 10.916 Ha dan bulan Oktober sebanyak 28.076 ha. Penyaluran bantuan benih padi ini dilaksanakan di 4 kabupaten, yaitu Serang, Pandeglang, Lebak dan Tangerang.

Bahkan, pada November 2023 ini ada penambahan bantuan benih di Kabupaten Pandeglang 4.000 ha dan Kota Serang 3.189 ha, sehingga total bantuan benih sampai bulan November ini sebesar 46.181  ha.

Adapun realisasi Tanam Gerakan Nasional El Nino sampai dengan 3 November 2023 mencapai 36.463 Ha, terdiri dari Kabupaten Serang 6.038 ha, Pandeglang 24.482 Ha, Lebak 2.387 ha, dan Tangerang 3.528 ha. Selanjutnya akan terus dilaksanakan gerakan percepatan tanam sesuai dengan target yang telah ditetapkan dengan menggunakan bantuan-bantuan benih, sumur dalam, pompa, pupuk dan alat mesin pertanian lainnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)...

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...

Kembali Latih Warga Membatik, Bupati Serang Komitmen Jaga Budaya

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi...