Seluruh Puskesmas dan Faskes di Kabupaten Tangerang Dikerahkan untuk Antisipasi Mpox

Date:

Dinkes Kabupaten Tangerang mengerahkan seluruh puskesmas dan fasilitas kesehatan atau faskes di Kabupaten Tangerang untuk antisipasi monkeypox (Mpox) alias cacar monyet. FOTO ILUSTRASI: Pexels/ Suara.com)

Berita Tangerang – Seluruh puskesmas dan fasilitas kesehatan atau faskes di Kabupaten Tangerang dikerahkan untuk antisipasi Monkeypox (Mpox) alias cacar monyet.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr. Achmad Muchlis, MARS menjelaskan, selain untuk mengantisipasi Mpox, kerjasama Dinas Kesehatan dan puskesmas dan faskes di Kabupaten Tangerang juga untuk memantau masyarakat khususnya yang mengalami keluhan cacar monyet.

Muchlis memastikan, kasus cacar monyet sampai saat ini tidak ditemukan di Kabupaten Tangerang. Hal itu dilihat dari usaha pencegahan yang telah dilakukan berbagai pihak terutama tenaga kesehatan.

“Saat ini Alhamdulillah tidak ada kasus yang tercatat, kami semua beserta tenaga kesehatan terus berusaha dan memberikan penyuluhan agar masyarakat mengetahui apa saja yang tidak boleh dan dijauhkan agar terhindar dari cacar monyet,” kata Muchlis dikutip BantenHiits.com dari laman resmi Pemkab Tangerang, Sabtu, 4 November 2023.

Masyarakat yang mengalami gejala mirip cacar monyet, lanjutnya, diimbau agar melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat. Masyarakat diminta tidak langsung menyimpulkan karena banyaknya kemungkinan penyakit lain yang bisa terjadi.

“Kami akan selalu update terkait kasus monkeypox ini jika ada yang terkena cacar monyet pasti akan kita publish. Seluruh fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit juga sudah memiliki tim surveillance, dimana tim ini akan tracking di 29 kecamatan dan 44 puskesmas agar kami semua bisa waspada terhadap kasus tersebut,” jelasnya.

Muchlis berharap, dengan segala upaya yang dilakukan Dinas kesehatan bersama berbagai fasilitas kesehatan bisa menjadikan Kabupaten Tangerang terhindar dari penyakit menular seperti cacar monyet dan penyakit menular lainnya.

“Pasalnya cacar monyet merupakan penyakit menular yang bisa menjangkit siapa saja, karena itu saya berharap kepada masyarakat untuk bisa hidup sehat, tidak melakukan seks bebas dan bersentuhan dengan penderita monkeypox atau cacar monyet,” harapnya.

Sebagai informasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menyiapkan ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang sebagai antisipasi apabila ditemukan pasien cacar monyet atau monkeypox.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jika Anda Melihat Gangster dan Sejenisnya di Kota Tangerang, Lapor ke Jalur Khusus Ini!

Berita Tangerang - Jika Anda melihat gangster atau kelompok...

Airin ‘Keukeuh’ Tak Mau Golkar Disebut Bangun Koalisi Besar di Pilkada Banten 2024

Berita Banten - Calon gubernur Banten 2024 dari Partai...