Pemkot Tangerang Salurkan 47 Ekor Hewan Kurban untuk Warga Melalui Masjid Raya Al Azhom dan Masjid Agung Al Ittihad

Date:

Pemkot Tangerang menyalurkan 47 ekor hewan kurban untuk warga melalui Masjid Raya Al Azhom dan Masjid Agung Al Ittihad. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Pemerintah Kota atau Pemkot Tangerang, menyalurkan 47 hewan kurban untuk warga melalui Masjid Raya Al Azhom dan Masjid Agung Al Ittihad denga rincian 22 ekor sapi dan 4 ekor kambing di Al Azhom, serta 8 ekor sapi dan 13 ekor kambing di Masjid Al Itthad.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, saat melaksanakan Salat Idul Adha sekaligus menyerahkan satu ekor kurban sapi kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Al Azhom, Senin, 17 Juni 2024.

“Alhamdulillah, di momen Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah ini mari kita perkuat solidaritas dan kepedulian untuk saling berbagi kepada sesama,” kata Nurdin melalui keterangan tertulis.

Pada Idul Adha ini, lanjutnya, untuk memberikan rasa aman dan kemudahan bagi masyarakat dalam memilih hewan kurban, Pemkot Tangerang secara intensif melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak guna memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat dan terbebas dari virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Pengecekan kesehatan hewan kurban ini dilakukan melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) denga cara rutin berkoordinasi dengan camat, lurah serta pengelola atau penjual hewan ternak di seluruh wilayah Kota Tangerang.

“Pemkot Tangerang melalui DKP, juga rutin menggelar sosialisasi dan pelatihan pemotongan hewan kurban untuk membekali para panitia pemotongan hewan kurban di Kota Tangerang, sehingga memiliki kompetensi sesuai dengan prosedur pemotongan hewan yang baik, higienis, dan memprioritaskan aspek kesehatan,” ungkapnya.

Kegitan itu dilakuka melalui “Jagal Warisan Umaro dan Ulama (JAWARA), Pelatihan Juru Sembelih Halal (JULEHA), Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Banten II yang juga turut bekerjasama dengan berbagai pihak universitas, seperti dari Institut Pertanian Bogor, dan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Nurdin juga turut mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk menjadikan momentum Hari Raya Idul Adha sebagai ajang untuk mempertebal imam dan takwa sekaligus meningkatkan kontribusi positif terhadap Kota Tangerang.

“Semoga semangat berkurban menginspirasi kita semua untuk selalu berbagi, peduli terhadap sesama. Mari kita tingkatkan partisipasi aktif dan kontribusi positif bagi pembangunan kota, dan bagi ASN terus tingkatkan rasa keikhlasan dan pengabdian dalam melayani masyarakat,” ajaknya.

Di tempat berbeda, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman, turut mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mendoakan para jamaah haji yang sedang beribadah ke Tanah Suci.

“Semoga ibadahnya diterima oleh Allah SWT dan menjadi Haji dan Hajjah yang mabrur, serta dapat kembali bertemu keluarga di tanah air dengan sehat walafiat. Khususnya bagi para jamaah haji dari Provinsi Banten yang 1762 di antaranya adalah jamaah asal Kota Tangerang yang akan diterima langsung di Asrama Haji Provinsi Banten di Cipondoh Kota Tangerang,” harap Sekda.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related