Bupati Iti Minta Semangat Gotong Royong Harus Ditanamkan di Lebak

Date:

Lebak – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan bahwa semangat gotong royong harus ditanamkan sejak dini dan meminta seluruh masyarakat Kabupaten Lebak kembali memperkuat jiwa gotong royong serta mampu berperan aktif dalam membantu percepatan pembangunan.

 

“Semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berlandaskan keswadayaan sebagai sistem nilai sosial budaya, yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat kita harus kita pertahankan,” kata Iti saat menghadiri acara Gebyar Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-14, dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-45 tingkat Kabupaten Lebak di Stadion Ona Rangkasbitung, Rabu (27/9/2017).

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan BBGRM ini merupakan upaya untuk menggelorakan semangat gotong royong, agar masyarakat merasa memiliki dan bertanggungjawab dalam melestarikan semangat dan jiwa gotong royong yang mulai luntur dalam dinamika masyarakat yang modern. 

“Membangun Lebak tidak bisa hanya pemkab saja, tapi perlu andil dari semua kalangan masyarakat salah satu nya dengan gotong royong,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD) Lebak Rusito menambahkan, pemerintah desa terus berupaya mensukseskan program Lebak sehat, dengan merintis sebanyak 220 buah bank sampah yang sudah dibangun dibeberapa desa yang terigrasi dengan bank sampah induk Kabupaten. 

“Kita juga telah meluncurkan sistem informasi manajemen kelembagaan masyarakat dan pemerintahan desa (KMPDES). Kita pembangunan website sistem informasi manajemen pemerintahan desa,” tuturnya.

Untuk diketahui, dalam acara ini juga dilakukan peresmian pembangunan sarana dan prasarana desa mekanisme swakelola pola padat karya tahun 2016, peresmian bank sampah desa, lounching website sistem informasi manajemen pemerintahan desa dan pemberlakukan siskeudes berbasis aplikasi.(Zie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related