Public Relations Indonesia Awards 2017, Tangerang LIVE Terbaik Kategori Program Digital

Date:

Tangerang – Tak bisa dipungkiri, teknologi mempunyai andil bagi instansi pemerintah untuk memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat. Pelayanan berbasis digital pun dewasa ini terus dikembangkan, baik oleh pihak swasta maupun pemerintah.

Menyadari pentingnya penerapan teknologi untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang pada 17 Agustus 2016 meluncurkan Tangerang LIVE. Aplikasi yang bisa didonwload di play store smartphone masyarakat ini merupakan gabungan berbagai aplikasi yang sudah ada. Prinsipnya, Tangerang LIVE memberikan kemudahan bagi masyarakat Kota Tangerang untuk mencari tahu berbagai informasi yang dibutuhkan.

Aplikasi yang terus dikembangkan oleh Pemkot Tangerang ini berhasil meraih predikat terbaik di ajang Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2017 yang berlangsung di Covention Hall Hotel Harris, Sunset Road, Kuta, Bali, Jumat (24/3/2017). Bersaing dengan beberapa aplikasi perusahaan swasta yang bergerak di bidang e-commerce, Tangerang LIVE berhasil meraih predikat terbaik di Kategori Program Digital Public Relations.

Dalam ajang tersebut, empat gelar juara berhasil diraih pemerintah kota yang dinahkodai Wali Kota Arief R. Wismansyah. Empat juara yang berhasil diboyong itu adalah kategori Digital Public Relations, Departement Public Relations, Media Internal untuk kategori cetak dan juga Media Relations. Melalui Aplikasi Tangerang LIVE, Pemkot Tangerang menjadi satu-satunya daerah yang memperoleh apresiasi dalam pemanfaatan teknologi digital.

Presentasi yang disampaikan Tim Humas dan Kominfo Kota Tangerang saat penjurian lomba yang digelar Majalah PR Indonesia di gedung Dewan Pers yang diikuti peserta dari kementerian, BUMD, perusahaan swasta serta pemerintah daerah mendapat apresiasi dari tim juri yang terdiri dari para pakar kehumasan dan media, seperti Dewan Pembina Forum Humas BUMN Arif Prabowo, Dekan London School Public Relations Janetta Maria Pinarya, Staf Ahli dari Kantor Staf Presiden Ariani Djalal, Ketua Umum Asosiasi Perusahan PR Indonesia Tipuk Satio Tomo, dan Presiden PR Society Indonesia Magdalena Wenas.

Apresiasi bagi para insan humas lintas sektor yang diberikan oleh PR Indonesia tersebut diterima langsung Arief R Wismansyah. Menurutnya, capaian tersebut busah kerja sama tim antara humas dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tangerang. Keduanya kata Arief saling melengkapi terkait kebijakan dan program pembangunan.

“Humas yang mengkomunikasikannya, sementara untuk diseminasi (penyebarluasan) informasi berada Kominfo,” ujar Arief.

Di era digital, keberadaan humas dan Kominfo sangat penting agar masyarakat tak lagi harus menunggu informasi akan tetapi aktif. Pasalnya, jika pemerintah tidak cepat merespon kebutuhan informasi masyarakat, maka yang dikhawatirkan adalah masyarakat akan mendapat berita hoax.

“Kalau masyarakat dapat informasi yang benar, mereka akan semakin aktif dalam menunjang setiap program pembangunan,” ucapnya.

“Membangun Humas tujuannya membangun akuntabilitas. Jika pemerintahnya sudah akuntabel masyarakatnya juga tergerak menjadi bagian dari pemerintah dalam membangun kotanya. Jadi, di era informasi teknologi yang cepat dan kadang pandangan masyarakat skeptis maka perlu dijelaskan kepada masyarakat apa yang sudah dikerjakan pemerintah untuk masyarakat,” paparnya.

Prestasi-prestasi yang diraih oleh Pemkot Tangerang diharapkan semakin memompa semangat untuk melakukan lompatan dan inovaso membangun komunikasi publik lebih baik, sehingga diharapkan masyarakat lebih banyak berperan aktif dan terlibat dalam masalah sosial, infrastruktur dan lainnya.

“Selamat dan sukses selalu buat Humas. Terus berkarya untuk Kota Tangerang lebih baik lagi,” pesan Arief.

Untuk diketahui, di dalam Tangerang LIVE memuat berbagai aplikasi lain seperti aplikasi Laksa (Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda), aplikasi layanan mobil ambulans dan jenazah gratis, aplikasi Simpati RS (Sistem Informasi Tempat Tidur Rumah Sakit), dan beberapa aplikasi lain seperti pencari kerja online dan aplikasi Segar (Sistem Informasi Harga Pasar). Aplikasi-aplikasi tersebut untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Kota Tangerang mengakses berbagai layanan yang disediakan oleh Pemkot Tangerang. Selain mendapat informasi, masyarakat melalui Tangerang LIVE, juga bisa mendapatkan informasi berita terkait Kota Tangerang, dan mengakses layanan publik lain, mulai dari pendidikan, perizinan dan kesehatan.(ADVERTORIAL)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related