Connect with us

ADVERTORIAL

Tahun Ini, 11 Pasar Lingkungan Dibangun Pemkot Tangerang

Published

on

Tangerang – Program pasar lingkungan merupakan salah satu teobosan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam bidang ekonomi dalam menjawab kebutuhan masyarakat untuk memperoleh bahan-bahan pokok dengan lebih mudah, cepat dan terjangkau. Pasar Lingkungan juga bertujuan membuka kesempatan seluas-luasnya untuk pedagang kecil di setiap wilayah.

Pada tahun 2016, lima pasar lingkungan telah dibangun Pemkot Tangerang. Sementara di tahun 2017, dibangun 10 pasar lingkungan kelurahan dan 1 pasar lingkungan Kecamatan. Program ini menjadi salah satu upaya untuk mendorong masyarakat berpartisipasi mempertahankan Adipura atas keberhasilan dalam mengelola sarana dan prasarana terbaik dengan kategori Pasar Bersih dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

 

Keberadaan pasar-pasar lingkungan tentunya diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk bertransaksi jual-beli kebutuhan pokok sehari-hari. Sesuai dengan salah satu tujuannya, keberadaan pasar lingkungan tidak lepas membutuhkan peran serta masyarakat, terutama dari RT/RW untuk mengajak warganya mengoptimalkan keberadaan pasar lingkungan tersebut.

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin menjelaskan pentingnya keterlibatan RT/RW dalam pasar lingkungan untuk mewujudkan pasar yang bersih, indah, nyaman dan berwawasan lingkungan. Apalagi, pasar lingkungan dibangun tidak hanya berfungsi sebagai tempat jual-beli bahan pokok. Pada sore hari, masyarakat bisa memanfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas.

“Di Kota Tangerang terdapat 40 pasar yang tersebar di 13 kecamatan, tentunya keberadaan pasar-pasar tersebut mempunyai peranan penting dalam rangka mendukung roda perekonomian di Kota Tangerang,” kata Sachrudin.

Sachrudin berharap RT/RW bisa mensosialisasikan pasar lingkungan kepada masyarakat karena akan membuka peluang bagi masyarakat sekitar dalam meningkatkan perekonomiannya dengan berdagang di tempat yang tertata dengan baik dan nyaman untuk bertransaksi.

Sebagai salah satu kota perdagangan yang sedang berkembang, keberadaan pasar lingkungan di setiap kelurahan sangat diperlukan dalam rangka mewujudkan Kota Tangerang sebagai kota layak huni dan layak investasi. Pemkot Tangerang menargetkan pasar lingkungan dibangun di 104 kelurahan yang tersebar di 13 kecamatan. Di dalam satu pasar lingkungan akan dapat menampung sekitar 10 pedagang.(ADVERTORIAL)

Facebook

Trending