Penampakan Ribuan Warga Padarincang Istigasah di Area Pengeboran PLTB

Date:

RIBUAN WARGA PADARINCANG ISTIGASAH DI AREA PENGEBORAN PLTB-1
Ribuan Warga Padarincang istigasah di area pengeboran PLTB di Desa Batu Kuwung, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Jumat, 6 April 2018.(Banten Hits/ Saepulloh)

Serang – Ribuan warga dari sejumlah desa di Kecamatan Padarincang istigasah di area pengeboran Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTB) di Desa Batu Kuwung, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Jumat, 6 April 2018.

Istigasah yang dimobilisir Syarekat Perjuangan Rakyat (Sapar) ini bentuk perjuangan dan sikap protes menolak proyek yang dikerjakan PT Sintesa Banten Geothermal (SBG). Perusahaan ini rencananya akan melakukan pengeboran ke dalam perut bumi sedalam 3000 meter tepatnya di Gunung Prakasak.

Dalam doanya, warga meminta pemerintah pusat tidak memperpanjang Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang akan habis 28 April mendatang.

RIBUAN WARGA PADARINCANG ISTIGASAH DI AREA PENGEBORAN PLTB-2
Ribuan Warga Padarincang istigasah di area pengeboran PLTB. Warga meminta pemerintah pusat tidak memperpanjang IUP PT Sintesa Banten Geothermal (SBG).(Banten Hits/ Saepulloh)

“Masyarakat tetap mendesak pemerintah untuk tidak memperpanjang Izin Usaha Pertambangan (IUP),” kata salah seorang warga di lokasi istigasah.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten juga diminta bisa menjembatani aspirasi warga Padarincang ke pemerintah pusat. Pemprov Banten diharapkan mengakomodir kepentingan masyarakat Padarincang atas dasar kemanusiaan, mengingat proyek PLTB berdekatan dengan permukiman warga.

“Melalui istigasah ini masyarakat memanjatkan doa kepada sang khalik meminta keselamatan bagi masyarakat Padarincang, serta memohon untuk membukakan mata hati para pemegang kebijakan dan perusahaan. Semoga ambisi mereka tidak mengorbankan hidup masyarakat Padarincang di masa depan,” terang warga lainnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...