Sebelum Berangkat, Jemaah Calon Haji Jalani Pemeriksaan Istithaah

Date:

Jemaah Calon Haji Kota Tangerang
385 jemaah calon haji kloter pertama Kota Tangerang diberangkatkan, Selasa (17/1/2018). (Foto: Dok. Banten Hits)

Tangerang – Jemaah calon haji asal Kota Tangerang kembali diberangkatkan, Kamis (19/7/2018). Sebanyak 385 jemaah yang diberangkatkan merupakan jemaah kloter dua.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangerang Dedi Mahfudin mengatakan, pemerintah telah menyiapkan tim medis ekstra untuk mengontrol kesehatan para jemaah selama berada di tanah suci. Apalagi, cuaca di Arabah Saudi saat ini yang tengah ekstrem.

“Untuk bulan ini panas sekali, bahkan informasinya waktu wukuf nanti di Arafah itu sampai 52 derajat celcius, sehingga kita siapkan 1 dokter dan 2 paramedis di setiap kloter, termasuk menyiapkan klinik di tiap sub sektor,” ujarnya.

Pihaknya bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) telah melakukan pemeriksaan istithaah terhadap para jemaah yang akan menunaikan ibadah haji.

“Sekarang itu ada istilah pemeriksaan istithaah. Layak tidaknya jemaah ini berangkat di lihat dari kesehatan, ya kalau menurut orang dinas oke, berarti sudah lulus dan mampu ibadah haji dengan kondisi mereka,” jelasnya.

Lebih lanjut kata Dedi, Kemenag juga telah melakukan sosialisasi di tingkat kecamatan kepada jemaah agar senantiasan menjaga kesehatan. Mulai dari pola makan hingga aktivitas agar tidak mudah mengalami kelelahan.

“Sudah kita berikan sejak pelaksanaan bimbingan manasik haji tingkat kecamatan maupun tingkat kota. Kalau mereka mau menerapkan itu, insya Allah mereka akan sehat,” imbuhnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related