H-8 Lebaran, ASDP Catat Peningkatan Penumpang Capai 50 Persen

Date:

Banten Hits – Memasuki H-8 hari raya Idul Fitri, peningkatan penumpang yang akan menyeberang menuju pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak mengalami peningkatan hingga 50 persen. Peningkatan penumpang juga sudah mulai terjadi pada H-15.

Data Dari PT. ASDP, peningkatan penumpang tersebut terdiri dari penumpang didalam kendaraan dan pejalan kaki mencapai 27.981 yang naik jika dibandingkan dengan hari biasa sekitar 20.000 penumpang. Begitu juga, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi tercatat mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hari biasanya 2.000 unit kendaraan per hari, namun memasuki H-8 jumlahnya mencapai 3.057 unit.

“Dari H-15, penumpang kendaraan dan pejalan kaki terus mengalir. Sampai H-8 Lebaran ini penumpang meningkat hingga 50 persen dibanding hari biasanya,” ungkap Humas PT. ASDP Ferry Cabang Merang Mario S. Oetomo, saat di konfirmasi di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Jum’at (10/7/2015).

Mario mengatakan, pemudik cenderung lebih memilih berangkat saat sore hingga malam hari. Hal tersebut lantaran lebih merasa nyaman saat berpergian di bulan puasa.

“Siang hari juga banyak, tapi lebih banyak lagi mulai sore sampai malam hari,” tuturnya.

Pihaknya memprediksi, peningkatan penumpang akan terus terjadi hingga puncak arus mudik pekan depan. Terkait hal tersebut, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, PT. ASDP telah mengoperasikan 27 kapal di perlintasan Merak-Bakauheni. Jika terjadi penumpukan penumpang, maka kapal akan dioperasikan optimal hingga 30 armada.

“Sekarang kita operasikan 27 kapal, dan kondisi di laut dengan cuaca normal. Kalau menumpuk kita operasikan sampai 30,” pungkasnya. (Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related