Connect with us

METROPOLITAN

Punya Trans Anggrek dan Parkir Meter, Tangsel Optimis Raih WTN

Published

on

Banten Hits – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) optimis tahun ini bisa mendapat piala Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Kementerian Perhubungan. Modalnya, lantaran wilayah yang dipimpin Airin Rachmi Diany tersebut mempunyai dua keunggulan jika dibandingkan dengan Kota/Kabupaten di Indonesia, yakni sarana transportasi massal Trans Anggrek dan sistem Parkir Meter. Apalagi, jika melihat pada tahun sebelumnya Tangsel pernah masuk dalam 65 besar dengan predikat Kota/Kabupaten terbaik WTN.

 

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Tangsel Sukanta, mengaku, tim dari Kementerian Perhubungan terkesan dengan keunggulan Kota Tangsel yang sudah mempunyai Trans Anggrek dan Parkir Meter lantaran di daerah lain belum meneraplan sistem parkir tersebut.

“Tim dari Kemenhub terkesan dengan Kota Tangsel yang sudah punya Parkir Meter dan Trans Anggrek. Makanya, kita yakin akan dapat WTN dan ditambah lagi dengan penataan jalan yang sudah bagus dan terbantu oleh pengembang swasta,” kata Sukanta, Senin (10/8/2015).

Piala WTN yang rencananya akan diserahkan pada peringatan HUT Perhubungan 9 September mendatang memiliki sejumlah kriteria penilaian, meliputi infrastruktur, sarana prasarana jalan, transportasi, angkutan umum, terminal, marka jalan, rambu-rambu dan kedisiplinan pengendara.

“Selain pengendara dan sarana jalan umum, banyak lagi kriteria penilainnya, misalnya sarana prasarana jalan, ketertiban berlalu lintas, angkutan kota, perparkiran, sistem pengujian kendaraan bermotor, lalu penindakan terhadap pelanggar lalu lintas dan sejauh mana angka kecelakaan lalu lintasnya,” tambah Sekretaris Dishubkominfo, Taryono.

Dirinya menjelaskan, WTN bukan menjadi tolak ukur kesuksesan namun bagaimana seluruh elemen masyarakat mampu meningkatkan kesediplinan dalam berlalu lintas. Menurutnya, ketertiban berlalu lintas bukan hanya menjadi tanggung jawab Dishub tapi perlu adanya dukungan dari seluruh elemen masyarakat.

“Ketertiban di jalan raya bukan hanya tanggung jawab Dishub tapi lebih dari itu harus didukung oleh seluruh masyarakat,” pungkasnya. (Nda)

Trending