Connect with us

OLAHRAGA

Kejurda Open Arung Jeram 2015 Digelar di Cisadane dan Ciberang

Published

on

Banten Hits – 19 tim arung jeram dari kota dan kabupaten di Provinsi Banten, mengikuti Kejuaraan Daerah Open Arung Jeram (R4) 2015 yang digelar di Sungai Cisadane, Kota Tangerang dan Sungai Ciberang, Lebak, mulai 3-6 Desember 2015.

Kejuaraan yang diselenggarakan KONI dan Federasi Arung Jeram Indoesia (FAJI) Kota Tangerang ini, dibuka di Rumah Belajar Anak Langit yang lokasinya di tepi Sungai Cisadane, Kamis (3/12/2015).

Ketua Umum Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kota Tangerang Mukmin Kusnendar mengatakan, kompetisi ini dibuka untuk atlet umum, maupun pelajar dari Pengcab FAJI yang ada di Provinsi Banten. Namun, karena target kegiatan ini lebih kepada pembinaan, pihaknya lebih banyak mengundang atlet junior. 

BACA :  GM Sirkuit Sentul Internasional Pastikan Street Sport 2019 Digelar di Sirkuit BSD City

Menurut Mukmin Kusnendar, dari total 19 peserta yang mengikuti kompetisi ini, 11 tim di antaranya merupakan asal Kota Tangerang.

“Harapan ke depan Pengcab FAJI Kota Tangerang punya SDM atlet yang bisa dipertandingkan ke tingkat nasional maupun internasional. Juga sebagai regenerasi atlit yang sudah ada,” jelasnya.

Mukmin menjelaskan, untuk kategori lomba yang dipertandingkan ada empat jenis, yakni, sprint dan head to head yang jaraknya 200 meter lokasinya dilaksanakan di Sungai Cisadane. Kemudian slalom dan down river race di Sungai Ciberang, Kabupaten Lebak.

“Hadiah untuk masing-masin kategori sebesar Rp 10 juta. Di mana juara satu mendapat Rp 5 juta, juara 2 mendapat Rp 3 juta dan juara 3 mendapat Rp 2 juta,” katanya.

BACA :  623 Atlet Ikuti Kejuaraan Taekwondo Terbuka Krakatau Posco Cup I

Sementara Ketua III KONI Kota Tangerang Hosbeni Gonzala berharap, dengan kegiatan ini atlet arung jeram bisa mengikuti Wali Kota Cup pada 2016 maupun Pekan Olahraga Kota Tangerang pada 2017.

“Selama ini cabang olahraga arung jeram belum pernah mengikuti dua kompetisi tersebut. Padahal peminatnya banyak, terutama dari kalangan pemuda khusunya pecinta alam,” jelasnya.

Hosbeni menjelaskan, KONI Kota Tangerang akan memfasilitasi atlet-atlet untuk mendapat program beasiswa sekolah negeri hingga perguruan tinggi melalu jalur prestasi.

“Jika mendapat prestasi di cabang ini, bisa jadi landasan masuk sekolan negeri maupun perguruan tinggi tanpa tes,” ucapnya.(Rus)

 



Terpopuler