Kejurda Open Arung Jeram 2015 Digelar di Cisadane dan Ciberang

Date:

Banten Hits – 19 tim arung jeram dari kota dan kabupaten di Provinsi Banten, mengikuti Kejuaraan Daerah Open Arung Jeram (R4) 2015 yang digelar di Sungai Cisadane, Kota Tangerang dan Sungai Ciberang, Lebak, mulai 3-6 Desember 2015.

Kejuaraan yang diselenggarakan KONI dan Federasi Arung Jeram Indoesia (FAJI) Kota Tangerang ini, dibuka di Rumah Belajar Anak Langit yang lokasinya di tepi Sungai Cisadane, Kamis (3/12/2015).

Ketua Umum Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kota Tangerang Mukmin Kusnendar mengatakan, kompetisi ini dibuka untuk atlet umum, maupun pelajar dari Pengcab FAJI yang ada di Provinsi Banten. Namun, karena target kegiatan ini lebih kepada pembinaan, pihaknya lebih banyak mengundang atlet junior. 

Menurut Mukmin Kusnendar, dari total 19 peserta yang mengikuti kompetisi ini, 11 tim di antaranya merupakan asal Kota Tangerang.

“Harapan ke depan Pengcab FAJI Kota Tangerang punya SDM atlet yang bisa dipertandingkan ke tingkat nasional maupun internasional. Juga sebagai regenerasi atlit yang sudah ada,” jelasnya.

Mukmin menjelaskan, untuk kategori lomba yang dipertandingkan ada empat jenis, yakni, sprint dan head to head yang jaraknya 200 meter lokasinya dilaksanakan di Sungai Cisadane. Kemudian slalom dan down river race di Sungai Ciberang, Kabupaten Lebak.

“Hadiah untuk masing-masin kategori sebesar Rp 10 juta. Di mana juara satu mendapat Rp 5 juta, juara 2 mendapat Rp 3 juta dan juara 3 mendapat Rp 2 juta,” katanya.

Sementara Ketua III KONI Kota Tangerang Hosbeni Gonzala berharap, dengan kegiatan ini atlet arung jeram bisa mengikuti Wali Kota Cup pada 2016 maupun Pekan Olahraga Kota Tangerang pada 2017.

“Selama ini cabang olahraga arung jeram belum pernah mengikuti dua kompetisi tersebut. Padahal peminatnya banyak, terutama dari kalangan pemuda khusunya pecinta alam,” jelasnya.

Hosbeni menjelaskan, KONI Kota Tangerang akan memfasilitasi atlet-atlet untuk mendapat program beasiswa sekolah negeri hingga perguruan tinggi melalu jalur prestasi.

“Jika mendapat prestasi di cabang ini, bisa jadi landasan masuk sekolan negeri maupun perguruan tinggi tanpa tes,” ucapnya.(Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Sachrudin Yakin Si Bayi Ajaib Akan Kembali ke Masa Kejayaannya

Berita Tangerang - Kerinduan warga Kota Tangerang kepada Persikota...

Gelandang dan Kiper Andalan Persib Kompak Sebut Laga Versus Persita Pertandingan Berat

Berita Persib - Gelandang Persib Bandung, Marc Klok dan...