AP II Tingkatkan Pelayanan Pemadu Moda Transportasi Bandara Soetta

Date:

Banten Hits – PT Angkasa Pura (AP) II bersama lima perusahaan pemadu moda transportasi darat yakni Damri, Ara Mas, Hiba, Primajasa, dan Sinar Jaya menandatangani Service Level Agreement/Service Level Guarantee (SLA/SLG), di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Senin (5/12/16).

Penandatanganan tersebut merupakan upaya dalam meningkatkan pelayanan seluruh pemadu moda dan moda transportasi darat yang beroperasi di bandara.

Direktur Pelayanan dan Fasilitas PT AP II, Ituk Heriarindri mengatakan, ada dua materi utama yang tercantum dan wajib dipenuhi dalam SLA/SLG ini yakni quality dan service delivery.

“Service quality mencakup beberapa variabel pelayanan seperti keramahan petugas, keamanan dan keselamatan serta kenyamanan. Sementara, untuk service delivery adalah ketersediaan armada dan ketepatan waktu,” jelasnya.

Penerapan SLA/SLG untuk memberikan standarisasi pelayananan kepada pengguna jasa moda transportasi di bandara.

“Kami ingin semua moda transportasi yang beroperasi di bandara apa pun perusahaannya memiliki standarisasi layanan, mulai dari kondisi fisik kendaraan, fasilitas hingga pelayanan petugas di dalam bus,” urainya.

Seluruh pengelola pemadu moda transportasi darat diharapkan komitmen terhadap SLA/SLG yang telah ditandatangani, sehingga dapat memberikan kepuasan terhadap pengguna jasa. Sanksi tegas akan diberikan kepada perusahaan yang tidak mengindahkan penerapan tersebut.

“Kami tidak akan main-main. Kami akan evaluasi penerapan SLA/SLG ini secara periodik. Jika memang terbukti tidak dapat memenuhi standar yang telah disepakati, tentu akan ada konsekuensi,” tegasnya.

Ituk menambahkan, penerapan SLA/SLG ini bukan hal yang baru di Bandara Soetta. Pada tahun 2013 lalu, penerapan serupa juga dilakukan pada perusahaan taxi.

Dalam kesempatan tersebut, turut diluncurkan 30 unit bus baru milik Damri, dan 8 unit milik Hiba. Bus dilengkapi berbagai fasilitas seperti wifi, TV, video dan karaoke.

Direktur Keselamatan dan Pelayanan Perum Damri, Gede Pasek Swardika mengatakan, 30 unit bus baru tersebut merupakan tahap pertama untuk mengganti bus yang sebelumnya. Nanti di tahun 2017, pihaknya akan meremajakan 100 unit bus di Bandara Soetta.

“Kami menyediakan dua layanan yakni royal dengan kapasitas 21 tempat duduk dan eksekutif 38 tempat duduk. Untuk trayeknya sekitar 23, melayani rute Jabodetabek,” paparnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....

Adakah yang Lebih Nyaman dan Meriah dari Nobar Timnas U-23 di Taman Elektrik Kota Tangerang?

Berita Tangerang - Ribuan warga Kota Tangerang datang menyemut...