Balai TNUK Bentuk Tim Khusus Pastikan Harimau Jawa Masih Hidup

Date:

Pandeglang – Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) akan membentuk tim khusus terkait dugaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang menyebut jika Harimau Jawa sudah punah sejak 1989 silam.

“Langkah kami untuk memverifikasi. Tim akan mulai bekerja besok memasang video di padang penggembalaan dan jalur-jalur lintasan termasuk menyisir area tersebut,” ujar Kepala Balai TNUK, Mamat Rahmat, Senin (18/9/2017).

BACA JUGA: Badak Jawa di Ujung Kulon Terancam Punah, Jumlahnya Tinggal 57 Ekor

Akhir Agustus lalu, salah satu pegawai Balai TNUK mengaku pernah melihat kucing besar mirip Harimau Jawa di padang penggembalaan Cidaun tengah memangsa seekor Banteng.

“Tim pertama akan menyisir ke arah Gunung Payung. Sementara, tim lainnya ke arah Gunung Kendeng memasang video. Gunung Payung wilayahnya perbukitan, banyak buah dan bebatuan,” tuturnya.

Mamat menjelaskan, secara ekologoi saat musim kemarau, kucing besar yang diduga Harimau Jawa tersebut akan muncul di sekitar padang penggembalaan untuk mencari mangsa dan sumber air.

BACA JUGA: Mahasiswa Tolak Relokasi Badak Bercula Satu Ujung Kulon

“Jadi sangat logis ketika kucing besar ada di padang penggembalaan karena di padang tersebut banyak satwa untuk di mangsa dan mencari air,” tutupnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....