Usung Smart Building, Gedung Baru Polresta Tangerang yang Pertama di Polri

Date:

Polresta Tangerang
Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian didamping Kapolda Banten dan Bupati Tangerang saat melakukan peletakan batu pertama Gedung Baru Polres Kota Tangerang (Banten Hits/Yogi Triandono).

Tangerang – Polri bersama Pemerintah Kabupaten Tangerang melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan gedung baru Polres Kota Tangerang pada Rabu (7/2/18). Peletakan batu pertama dilakukan oleh Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian.

“Grounbreaking oleh Bapak Kapolri menjadi pertanda dimulainya pembangunan gedung baru Polres Kota Tangerang yang mengusung smart building atau gedung pintar. Semoga proses pembangunan berjalan lancar,” kata Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif.

Sabilul menambahkan, konsep smart building untuk gedung baru Polres Kota Tangerang merupakan upaya meningkatkan pelayanan prima dan untuk meningkatkan kepercayaan publik. Smart building adalah konsep bangunan yang menggunakan sistem otomatisasi yang mengacu pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

“Dengan smart building, Polres Kota Tangerang siap menjadi Polisi yang profesional, modern, dan terpercaya,” ujarnya.

Dalam acara groundbreaking itu, turut dirangkaikan dengan peluncuran gelaran inovasi aplikasi berbasis teknologi informasi jajaran Polda Banten dan Polres Kota Tangerang. Menurut Kapolres, ada enam inovasi yang akan diluncurkan yakni Electronic Monitoring Anggaran Dana Desa (EM-ADD), Electronic Crminial Justice System (E-CJS), Electronic Penegakkan Hukum Terpadu (E-Gakkumdu), Mobile Lantas (M-Lantas), Mobile Patroli Komando Sabhara (M-Patko Sabhara) dan Banten Bersatu.

“Semua aplikasi inovasi itu sudah terkoneksi di lingkungan Polda Banten dan polres jajaran sehingga dapat meningkatkan efektivitas pelayanan kepada publik,” terang Sabilul.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengungkapkan bahwa pembangunan smart building ini akan dilakukan dengan anggaran APBD. Anggaran yang diberikan merupakan dana hibah yang diberikan Pemkab Tangerang terhadap Polres Kota Tangerang.

“Hibah gedung untuk Polres Kota Tangerang dan hibah peralatan lainnya,” ungkap Zaki.

Dalam hal ini, Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian mengapresiasi akan adanya smart building ini. Jika smart building yang akan dikebut selama dua tahun ini nantinya merupakan smart building pertama di jajaran Polisi Republik Indonesia.

“Jika ini jadi, ini merupakan smart building Polri yang pertama, karena polri selama ini gedungnya tidak menggunakan teknologi informasi yang disebut smart building,” tandasnya.(Zie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...