Connect with us

METROPOLITAN

Mantan Bupati Pandeglang Siap Nyaleg DPRD Provinsi

Published

on

Erwan Kurtubi

Erwan Kurtubi. (Foto: Dok. Banten Hits)

Serang – Setelah lengser menjadi orang nomor satu di Kabupaten Pandeglang, Erwan Kurtubi rupanya berniat maju sebagai calon legislatif (caleg) untuk DPRD Provinsi Banten.

Pria kelahiran 1950 ini berniat mengikuti jejak sang istri, Siti Erna Nurhayati, yang sudah lebih dulu duduk di kursi parlemen. Dua tahun setelah tak lagi menjadi bupati, Erwan mengaku tidak mempunyai banyak kegiatan.

Niat dan kesiapannya maju sebagai wakil rakyat ditunjukkan Erwan dengan mengikuti kegiatan orientasi fungsionaris Partai Golkar Provinsi Banten yang diikuti oleh para bacaleg, di Hotel Le Dian, Kota Serang, Rabu (10/5/2018) lalu.

“Insya Allah kalau panjang umur, saya sudah tidak aktif di pemerintahan dan sebagai rakyat biasa,” kata Erwan.

BACA :  September 2015, Siti Aisyah Sudah Berada di Malaysia

Pensiun PNS kembali mengisahkan dirinya sejak terjun ke dunia birokrasi yang juga kader Golkar sejak tahun 1974. Pernah menjabat camat selama 16 tahun hingga akhirnya pensiun. Di usianya kini, Erwan mengaku ingin kembali mengabdi dan memberikan kontribusi bagi warga Pandeglang.

“Yang namanya PNS dulu Golkar-kan, saya dari tahun 1974 (jadi PNS) sampai pensiun, saya pernah jadi camat 16 tahun dan pengurus Golkar kecamatan. Mudah-mudahan ada usia kita yang bisa dimanfaatkan untuk pengabdian,” tutur Erwan.

Dirinya mengaku, memimpin Pandeglang bukanlah perkara mudah. Untuk itu ia berharap, dengan menjadi anggota legislatif ikhtiarnya mengabdi pada masyarakat dimudahkan.

“Kalau dulu jadi bupati kan berat, mudah-mudahan jadi dewan enggak terlalu berat. Tapi tetap mengabdi untuk kepentingan rakyat,” ujarnya.

BACA :  Perda Tibum Direvisi, PKL Berjualan di Sembarang Tempat Didenda Rp50 Juta

Namun, erwan membantah niatnya maju karena karena tergiur dengan penghasilan dan fasilitas yang didapat anggota dewan. Dengan uang pensiunanannya, Erwan mengaku sudah bersyukur.

“Oh enggak, sekarang juga sudah bersyukur (dari) pensiun. Beas sakarung 30 kg mah aya lah (berat satu karung yang beratnya 30 kg ada kok),” katanya dengan tersenyum.

“Cuma yang jelas (niatan nyaleg) mudah-mudahan sisa umur ini bisa saya manfaatkan. Sekarang saya udah punya beban lagi, anak sudah sekedar bisa hidup. Terus saya dan ibu pada pensiun sekda dan ibu eselon II,” kata Erwan.

Sementara itu, pada Pileg 2019, Erna kembali akan mencalonkan diri. Bukan untuk provinsi melainkan caleg DPRD Kabupaten Pandeglang untuk dapil IV (Panimbang, Sobang, Cigeulis, Cibaliung, Cibitung, Cimanggu dan Sumur).

BACA :  Kelompok Tani di Ciruas Serang Akui Program Pemkab Serang Berhasil Berdayakan Petani

“Masa suami-istri (nyaleg provinsi barengan) nanti disebut serakah sama orang,”cetus Erwan.

Memilih dapil yang berada paling ujung di kabupaten yang masih berstatus sebagai daerah tertinggal itu, begini alasan Erna.

“Pembangunan di Selatan masih dibutuhkan,” Singkat Erna.(Nda)



Terpopuler